Anies-Sandi Unggul Cukup JAuh, Tapi…

by -

METROPOLITAN – Hasil survei Media Survei Nasional (Median) memperlihatkan elektabilitas pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno, unggul dari pasangan Basuki Tjahaja Pur­nama-Djarot Saiful Hidayat. Pasangan nomor urut tiga itu dipilih 46,3 per­sen responden. Selisihnya lumayan jauh yakni 6,6 persen dari elektabi­litas Ahok-Djarot yang hanya 39,7 persen. ”Tapi meski Anies-Sandi unggul sementara dengan margin enam persen, namun tingkat unde­cided (responden yang belum me­nyatakan pilihan, red) mencapai 14 persen. Berarti peluang untuk saling salip tetap terbuka,” ujar Direktur Eksekutif Median Rico Marbun di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (6/3).

Menurut Rico, ada beberapa penye­bab elektabilitas Anies-Sandi lebih unggul. Antara lain, sekitar 35 persen responden yang sebelumnya me­milih Agus Harimurti Yudhoyono- Sylviana Murni pada putaran per­tama Pemilihan Gubernur DKI 15 Februari lalu, lebih memilih Anies- Sandi.

Sementara pemilih Agus-Sylvi yang memilih Ahok-Djarot, hanya sekitar sepuluh persen. ”Tapi yang undeci­ded mencapai 55 persen. Pemilih Ahok-Djarot maupun Anies-Sandi pada putaran pertama kemarin, re­latif menjawab akan tetap pada pi­lihan mereka di putaran pertama,” ucap Rico.

Alasan lain tingginya elektabilitas Anies-Sandi kata Rico, karena ada gelombang semangat untuk memi­lih pasangan lain, asal bukan Ahok. ”Alasan memilih Anies-Sandi karena seagama itu mencapai 27,1 persen,” tutur Rico. Survei dilaksanakan pada 21-27 Februari, dengan melibatkan 800 responden. Margin of error 3,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random.

 (jpnn/ram/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *