Benarkah Ada Bahasa Urdu Dilagu Terbaru Zayn Malik?

by -
LONDON, ENGLAND - DECEMBER 11: Zayn Malik of One Direction attends the BBC Music Awards at Earl's Court Exhibition Centre on December 11, 2014 in London, England. (Photo by Karwai Tang/WireImage)

METROPOLITAN –  Zayn Malik telah memberikan bocoran terkait lagu barunya. Teaser audio pendek 28 detik itu yang diunggah di akun Twitternya itu telah banyak dibahas publik.

Dilansir Sindonews, pendek teaser tersebut terdengar instrumental dengan suara nyanyian dan petikan melodi gitar yang disertai gambar animasi seekor anjing pudel dengan tulang bertuliskan, ‘EXCITED’.

Tanpa memberikan judul apapun, Zayn menuliskan, “Sedikit bocoran.. Yang lain akan datang”.

Produser Zayn, Malay baru-baru ini mengatakan kepada Billboard bahwa mantan personel One Direction itu tengah melakukan kolaborasi dengan komposer terkenal asal India, AR Rahman yang membuat soundtrack Slumdog Millionaire.

“Kami berbicara tentang membuat sebuah lagu dengan dia (Zayn) dan AR Rahman dan Zayn menggunakan bahasa Urdu. Ini adalah lagu yang terdengar modern, tapi baginya untuk bernyanyi dalam bahasa itu adalah cukup kuat,” jelasnya.

Bahasa Urdu atau Urdu Zabaan merupakan salah satu bahasa termuda dari cabang Indo-Arya. Kata ‘Urdu’ berasal dari bahasa Turki ‘Ordu’ yang berarti kamp atau tenda. Bahasa ini pada mulanya diperkirakan berakar dari bahasa Khari Boli yang dituturkan oleh penduduk kota New Delhi.

Bahasa ini dipakai sekira 100 juta masyarakat muslim di Pakistan dan India. Bahasa Urdu sebenarnya serupa dengan Bahasa Hindi dikarenakan akarnya yang sama, yakni dari bahasa Sanskerta yang merupakan induk dari semua bahasa di anak benua ini.

Jumlah penutur asli bahasa Urdu saat ini mencapai 60.290.000 jiwa dan 104.000.000 jiwa termasuk yang menggunakannya sebagai bahasa kedua (1999).

Selain di kedua negara di atas, bahasa Urdu juga dipakai oleh sekitar 600 ribu muslim Bihar yang tinggal di kamp-kamp pengungsi Bangladesh.

SUMBER : okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *