Bogor Kota Sehat, Puskesmas Cipaku Targetkan Akreditasi Paripurna

by -

METROPOLITAN – Dinas Keseha­tan (Dinkes) Kota Bogor mengincar predikat Bogor Kota Sehat. Kali ini, Puskesmas Cipaku dijadikan sasaran penilaian (akreditasi). Selain dianggap sudah memenuhi standar kelengka­pan administrasi, puskesmas ini juga sudah memiliki pelayanan Pelayanan Obsetri dan Neonatal Emergensi Dasar (PONED).

“Apalagi, puskesmas ini juga me­miliki pelayanan gawat darurat untuk para ibu hamil dan bayi hingga ma­salah kandungan dalam program “Si Jari Emas”,” ungkap Kadinkes Kota Bogor Rubaeah.

Dia juga menilai, Puskesmas Ci­paku dinilai siap untuk akreditasi. Itu terlihat dari Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana pra­sarana yang sudah diper­siapkan dengan baik. ”Kalau dilihat dari per­syaratan dan pelaksanaannya sudah sesuai prosedur. Kami menargetkan untuk dapat akreditasi paripurna,” ungkapnya.

Baca Juga  2018, Masjid Raya bakal Ada di Setiap Kecamatan

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hi­dayat mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sepakat kese­hatan menjadi kebutuhan dasar ma­syarakat. Semangat tersebut juga ditunjukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) menjadikan Bogor Kota Sehat 2019.

”Puskesmas sebagai pusat pelayanan pertama yang juga bersinergi dengan pelayanan Jaminan Kesehatan Na­sional (JKN) harus bisa meningkatkan kualitas pelayanannya agar terukur,” pungkasnya.

(*/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.