Cara Jitu Menjaga Ban

by -

BAN merupakan elemen penting dalam berkendara dan tak jarang ban cepat habis. Berikut tips menjaga ban agar tetap awet dan nyaman diguna­kan:

  1. CARI TAHU TEKANAN ANGIN YANG TEPAT.

Tekanan angin yang tepat dapat Anda temui distiker di pintu penge­mudi, doorpost atau buku manual dan bukan di dinding ban, karena angka tersebut angka tekanan maksimum yang dapat diterima ban.

  1. CEK TEKANAN ANGIN BAN MOBIL

Anda setidaknya sekali sebulan dan sebelum perjalanan jauh mengecek tekanan angin ban. Jika lebih rendah dari seharusnya dapat menyebabkan kenaikan temperatur ban, sehingga merusak ban sekaligus membuatnya gagal berfungsi sempurna.

  1. RAWAT BAN CADANGAN

Luangkan waktu Anda untuk mengecek ban ca­dangan sebulan sekali. Pastikan ban tersebut be­rada pada kondisi terbaik, baik dari segi tekanan angin maupun kondisi ban.

  1. CEK KONDISI KEMBANG BAN/ALUR BAN.
Baca Juga  Puasnya Menyantap Pizza Meteran di Eatboss

Pastikan ban masih me­miliki ketebalan kembang ban/alur ban yang baik. Ban yang botak tidak akan men­cengkeram jalan dengan baik.

  1. WASPADAI LUBANG. Mengapa? Pertama, bentu­ran yang keras saat ken­daraan menghajar lubang dapat merusak ban dan velg.
  2. TENTUKAN SAAT MEROTASI BAN.

Jangan lupa merotasi po­sisi ban setiap 9.600 km untuk memperpanjang umur ban. Aturannya, ban belakang kanan dirotasi dengan ban depan kiri. Ban belakang kiri dirotasi dengan ban de­pan kanan.

(net/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *