City Rekor Buruk

by -

Sebuah sejarah diukir  Manchester City di pentas Liga Champions. Namun, sejarah ini bukan sejarah menyenangkan. City, besutan Josep Guardiola baru saja disingkirkan AS Monaco di babak 16 besar Liga Champions 2016/2017. Meski menang 5-3 di kandang sendiri pada leg pertama, City tereliminasi setelah kalah 1-3 di markas Monaco pada leg kedua, Kamis (16/3). City kalah gol tandang dalam agregat ’gila’ 6-6!

 Mencetak lima gol di leg pertama Liga Cham­pions dan kandas, cuma City yang bisa melaku­kannya.

Ya, City baru saja menjadi tim pertama sepanjang sejarah Liga Champions yang tereliminasi di fase knock­out setelah mencetak lima gol pada leg pertama. Itu terjadi karena serangan mereka tak diimbangi pertaha­nan yang kuat.

Lima gol City di Etihad Stadium lewat Raheem Sterling, Sergio Aguero (2), John Stones dan Leroy Sane sendiri, sejatinya memang tak terlalu bisa dijadikan jaminan. Pasalnya dalam partai leg pertama itu, pasukan Leonardo Jardim mampu mencetak tiga gol tandang lewat Radamel Falcao (2) dan Kylian Mbappe.

Ganti menjamu City di Stade Louis II tanpa Falcao yang cedera, Monaco memusnahkan harapan anak-anak asuh Guardiola untuk lolos ke perempat final. Mbappe kembali beraksi dan mencetak gol pembuka di menit delapan lalu Fabinho menggandakannya di menit 29.

City mendapatkan satu gol melalui Sane di menit 71. Pada titik ini, City berada di atas angin. Namun, gol Tiemoue Bakayoko di menit 77 memastikan partai berkesudahan dengan agregat 6-6 dan Monaco meleng­gang berkat keunggulan gol tandang.

Lima gol City di Etihad jadi tak ada gunanya. Sebaliknya, Monaco pun menjadi tim pertama sepanjang sejarah Liga Champions yang lolos di fase knockout setelah ke­bobolan lima kali pada leg pertama.

Komposisi delapan besar pun sudah lengkap. Monaco akan bertarung di perempat final melawan salah satu dari Atletico Madrid, Juventus, Barcelona, Leicester City, Bayern Munchen, Borussia Dortmund atau juara bertahan Real Madrid. (bn/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *