Disdik Verifikasi Data 2.192 Peserta UN Kesetaraan

by -

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor akan memverifikasi 2.192 peserta Ujian Program Kesetaraan (UPK) dan Ujian Nasional Berbasis Kom­puter (UNBK) menjelang pelaksanaan ujian Paket A, B dan C. Verifikasi tersebut rencananya akan diselenggarakan disdik pada 7 hingga 8 Maret mendatang.

Kepala Seksi (Kasi) Kesetaraan Disdik Kota Bogor Tarmidzi Al Bantani menga­takan, agar dalam pelaksanaan ujian nanti para peserta tidak mengalami ken­dala, maka sebelum mengikuti ujian, data-data calon peserta ujian akan dicek. “Di antaranya yang akan dicek adalah absen selama mengikuti pendidikan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan nilai raport siswa tersebut,” ujarnya kepada Metropolitan.

Dalam UNBK tersebut nantinya akan diikuti 27 PKBM, di antaranya PKBM Al Jauhar, Jaya Santosa, Harapan Jaya, Nurul Huda dan PKBM Putra Harapan Bangsa. Tetapi sebelum mengikuti ujian tersebut para peserta paket B dan paket C akan mengikuti UPK di beberapa SMPN yang ada di Kota Bogor. Sedangkan untuk pa­ket A akan dilaksanakan di SDN Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan.

Baca Juga  Keterisian Ruang Isolasi Nyaris 100 Persen, Warga Diminta Saling Jaga

“UPK tersebut dilaksanakan mulai 13 hingga 16 Maret. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan (Permen­dikbud), sebelum mengikuti UNBK atau UNBKP akan ada tujuh mata pelajaran yang ditujukan dan dibagi dua jurusan IPA dan IPS,” terangnya.

Terpisah, salah seorang pengelola PKBM Sempurna Abu Kusnohadi menjelaskan, pihaknya siap untuk diverifikasi disdik. Bahkan warga belajarnya juga telah siap mengikuti UNBK dengan syarat pihaknya harus mendapat dukungan penuh semua pihak, seperti Pemerintah Kota Bogor. “Pada prinsipnya warga belajar PKBM Sempurna selalu siap, asalkan sarana dan prasarana dalam mengadapi UNBK sudah dipersiapkan,” paparnya.

Selain itu menurutnya, saat ini ada tujuh PKBM yang menginduk ke PKBM Sempurna. Hal itu karena PKBM Sempurna adalah salah satu dari lima PKBM yang sudah terakredi­tasi. Sehingga, pusat kegiatan belajar ini da­pat mengikuti atau menyelenggarakan UN yang menjadi program kesetaraan pada 2017. “Dari PKBM Sempurna sendiri ada 214 orang yang akan mengikuti UPK, UNBKP, UNBK. Di antaranya 36 orang paket C, 32 Paket B dan 13 orang paket A. Semua data mereka siap diverifikasi, baik itu absen maupun nilai raport,” pungkasnya.

Baca Juga  Ingin Bangun Masjid, Lahannya Ada di Bogor

 (tur/ar/mam/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.