Dua Jam Diperiksa, Azis Langsung Ditahan

by -

Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibadak, Kabupaten Sukabumi, menahan Azis Koswara atas kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) dari 2009 dan 2011. Sekretaris PNPM ini diduga menyelewengkan dana bantuan untuk Kecamatan Cikidang dari pemerintah yang semula sebesar Rp947 juta.

PENAHANAN Azis men­jadi tersangka sebelumnya sudah dikaji kejari dari ha­sil pengembangan dua tersangka yang saat ini putusannya sudah ingkrah. Di antaranya mantan pen­gurus UPK PNPM MPd Kecamatan Cikidang Hus­nas Hujanah dan Kakay Rukayah yang saat ini sudah menjadi terpidana di Lapas Warung Kiara.

Kasi Pidana Khusus Ke­jari Cibadak Suci Wijiyan­ti mengatakan, Azis di­duga menyalahgunakan dana pemerintah untuk kepentingan pribadi. “Se­telah dua jam diperiksa, Azis langsung ditahan di Lapas Kelas II Warung Kiara,” ujar Suci didampingi Kasi Intel Arya Wicaksana kepada awak media, ke­marin.

Indikasi pidana dugaan korupsi tersebut cukup kuat, sebab setiap tersangka me­miliki peran yang saling terkait. Penyele­wengan tersebut diduga dilakukan sejak 2009 dengan modus membuat kegiatan program PNPM fiktif. ”Dugaan penyim­pangan dana PNPM pengungkapan Azis ini menunggu ingkrah tersangka lain, Husnas Hujanah yang telah diputus 5,6 tahun dan Kakay Rukayah lima tahun yang telah diputuskan menjadi terpidana sejak November 2016,” singkatnya.

Baca Juga  Polisi Tangkap Pengedar Ganja

(fjr/hp/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *