Gara-Gara Proyek Jalan Bomang, Jembatan Nyaris Ambruk

by -

TAJURHALANG – Akibat tidak adanya perawatan berkala, kondisi Jembatan Tonjong di Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang saat ini memprihatinkan dan nyaris ambruk. Padahal, keberadaan je­mbatan yang menghubungkan Kecama­tan Tajurhalang dengan Kemang itu sangat vital bagi aktivitas warga.

Seorang warga Desa Tonjong Aspuji mengungkapkan, badan jembatan sudah dipenuhi lubang. Sedangkan baja dan beton penyangga jembatan yang pan­jangnya 10 meter sudah tidak layak pa­kai. “Kerusakan jembatan sangat mem­bahayakan pengguna jalan,” katanya.

Menurut Aspuji, jembatan tersebut ru­sak lantaran puluhan tahun dibiarkan tanpa perawatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor khususnya dinas ter­kait. “Selama ini jembatan tersebut sama sekali tidak pernah dirawat. Jadi, kalau dibiarkan kan bisa ambruk,” tuturnya.

Aspuji menambahkan, kondisi jembatan diperburuk dengan lalu lalangnya truk dari proyek Jalan Bojonggede–Kemang (Bomang) yang setiap hari melintasi jembatan tersebut. “Kami harapkan dinas terkait lebih memper­hatikan jembatan tersebut,” ujarnya.

Baca Juga  Mayat Bayi Ditemukan di Kali Cimahpar, Tersangkut dan Diperkirakan Berusia 1 Hari

Terpisah, Kades Tonjong Sahrudin men­gatakan, jembatan tersebut sangat pen­ting dan harus diperbaiki. Apalagi kebe­radaannya sudah puluhan tahun. “Jem­batan itu aspalnya mengelupas, karena kendaraan roda empat yang besar dari proyek jalan pemda kemarin melintasi jembatan ini,” bebernya.

Untuk itu, dia mendesak dinas terkait memperbaiki jembatan tersebut. Tidak cuma jembatan, Jalan Desa Tonjong juga harus diperbaiki karena kondisinya hancur dan berlubang. “Saya harap dinas terkait segera memperbaiki jalan dan jembatan agar nyaman dan aman dilintasi setiap warga,” pungkasnya.

(khr/b/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *