Ini Yang Harus Diperhatikan Pemotor Saat Hujan

by -

Kaca helm

Kaca film helm yang gelap tentu lebih menguntungkan saat musim kemarau. Jika musim hujan, gantilah kaca film dengan kaca helm yang bening dan helm model full face yang menutupi seluruh kepala.

Pengereman

Fungsi pengereman bisa menjadi sangat pakem sesaat yang kemudian menjadi kurang pakem. Selain disebab­kan jalanan yang menjadi licin karena air, bisa juga karena kampas rem yang kotor akibat terkena air hujan dan debu.

Kondisi ban

Lihat kembangan ban apa sudah mulai tipis. Jika masih bagus, tak masalah. Namun jika sudah kurang bagus, ini akan men­jadi licin saat melakukan pengereman. Sebaiknya ganti dengan ban baru dan berkualitas.

Baca Juga  Hore... Tol Bogor Bandung Bakal Dibangun

Jalan berlubang dan becek

Sebaiknya pelan-pelan saat melewati jalan yang tak dikenal. Jalan dengan kondisi jalan tanah biasa atau berbatu. Jika sudah hapal tentang kondisi jalan, mungkin akan lebih baik, tapi tetap ha­rus lebih waspada terhadap genangan air.

Jas hujan model baju dan celana

Sebaiknya jangan pernah memakai jas hujan model lama alias model batman. Gunakanlah jas hujan mo­del pakaian yang lebih aman dan nyaman.

Jarak pandang

Saat hujan jarak pandang menjadi lebih pendek. Ka­rena itu beri jarak kapan akan melakukan pengere­man, berbelok, dan jarak antar kendaraan.

Berhenti jika ngantuk

Cuaca yang dingin bia­sanya membuat ngantuk. Berhentilah sejenak dan fokuskan kembali dirimu sebelum kembali menge­mudi.

Baca Juga  Pasar Cicangkal Ngebet Jadi Pasar Bersih

Sedia kantong plastik

Selamatkan handphone, dompet, laptop, tablet pc dan barang berharga lain­nya dari kemungkinan terkena air di kantong plastik.

(omn/er/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.