Pdam Tirta Pakuan Disanjung Walikota

by -

METROPOLITAN – Tepat di usianya yang ke-40 tahun, PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mendapat sanjungan. Sebab, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini dianggap paling stabil dan berkontribusi besar kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Bahkan, dua tahun lalu PDAM Tirta Pakuan berkontribusi cukup besar kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor.

Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, sebagai BUMD yang paling stabil dimiliki Pemkot Bogor, PDAM berkontribusi cukup besar. Walaupun, menurutnya, fungsi utama PDAM bukanlah keuntungan tetapi pelayanan publik bagi masyarakat. “Untuk kontribusi PDAM sendiri memang tidak di target, haya kinerjanya saja yang diberikan target. Meski demikian, PDAM juga cukup baik kontribusinya,” ujarnya kepada Metropolitan.

Baca Juga  JALUR PUNCAK HANYA DIBUKA UNTUK MOTOR

Walaupun Pemkot Bogor masih memberi penyertaan modal kepada PDAM, hal tersebut untuk peningkatan layanan masyarakat. Namun, hasil yang dikembalikan terkadang lebih oleh PDAM sehingga Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) yang diberikan merupakan kontribusi dari PDAM sendiri. “Memang masih ada skema pembiayaan, tetapi tidak terlalu besar.

Keuangan pemkot masih mencukupi,” terangnya. Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman menambahkan, 55 persen keuntungan bersih PDAM Tirta Pakuan atau sekitar Rp22 miliar masuk ke PAD. Hal tersebut sesuai aturan yang ada dan tertuang dalam peraturan daerah. “Kurang lebih semuanya di angka Rp22 miliar.

Semua itu tergantung keuntungan PDAM,” paparnya. Di tempat yang sama, Direkur Utama PDAM Tirta Pakuan Deni Surya Senjaya menjelaskan, dari kebijakan Pemkot Bogor sebelum PMP seratus persen, maka setiap keuntungan kontribusi PDAM akan dikembalikan ke PDAM melalu PMP. “PMP kita belum selesai sehingga kontribusi yang kita berikan pada Pemkot Bogor dikembalikan lagi dengan melalui PMP,”katanya. Seperti pada 2015, PDAM Titra Pakuan berkontribusi Rp20 miliar dan hal tersebut dikembalikan lagi kepada PDAM melalui PMP.

Baca Juga  Lampu Lalu Lintas Dicabut, Simpang Yasmin Semrawut

“Keuntungan kita pada 2015 mencapai Rp45 miliar dan kita kontribusikan Rp20 miliar. Semua itu juga dikembalikan lagi,” jelasnya. Sementara itu, di momen usia ke-40 tahun ini, PDAM Tirta Pakuan ditarget menjadi PDAM terbaik di Indonesia. Untuk memeriahkan hari jadinya, PDAM telah menyerahkan bantuan pemasangan baru gratis dan bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi enam warga dari masing-masing kecamatan di Kota Bogor.

Selain itu menyerahkan penghargaan kepada tiga karyawan PDAM Tirta Pakuan yang telah mengabdi selama 20 tahun dan PDAM Tirta Pakuan juga member penghargaan bagi tiga pelanggannya yang disiplin membayar tagihan tepat waktu dan pelanggan yang pedulikebocoran.

Baca Juga  Sambut Hari Kemerdekaan, Merah Putih Selimuti Lawang Salapan

(mam/b/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.