Sopir Rombongan Diberi Fasilitas Penginapan

by -

Dua kapal perang TNI, KRI Sura dan KRI Hiu sudah berjaga-jaga di perairan Bali. Kapal patroli jenis FPB-57 sengaja dikerahkan untuk mengawal kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud selama di Bali. Bersa­maan dengan itu, ratusan sopir yang akan mengantar rombon­gan juga sudah bersiap-siap.

Ratusan Mercy (Mercedes-Benz) yang mengantar Raja Salman dan rombongan telah standby di Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua. Sopir tiap mobil juga telah standby.

Menurut salah satu sopir, Eko, ada seleksi yang dilakukan bagi mereka yang akan ditu­gaskan sebagai sopir. Setelah itu, saat bertu­gas, mereka harus zero complain dari anggota rombongan yang mereka bawa.

“Ada seleksi juga untuk memilih sopir, seleksi dilihat dari berapa tahun masa kerja dan zero complain sama zero laka,” kata Eko.

 Ia menjelaskan para sopir juga harus hafal tempat-tempat wisata yang ada di Bali. Selain itu, mereka harus selalu standby apabila sewaktu-waktu diperlukan.

“Kemarin kita trailing diajak ke tempat wisata. Intinya, kita bawa dari bandara ke hotel. Kalau malam mau jalan, ha­rus tahu,” jelas Eko.

Mobil yang disediakan dicek setiap pagi oleh teknisi. Para sopir diberi penginapan di salah satu hotel di kawasan Jimbaran.

Raja berusia 81 tahun itu bakal menghabiskan liburan dengan rombongan men­capai 1.500 orang, termasuk 25 putri dan 10 menteri, terbang Sabtu (4/3) ke Bali dengan sembilan pesawat jet penumpang untuk li­buran pribadi. Mereka akan dijaga setidaknya oleh 2.500 polisi dan tentara dan ka­pal-kapal angkatan laut akan ditempatkan di lepas pantai.

“Pengamanannya di laut sana. Di perairan Bali, jadi mengitari kawasan,” ungkap Kadispen Armatim Letkol (L) Maman Sulaeman.

Dua kapal perang yang akan menjaga perairan Bali adalah KRI Sura, yang diko­mandani Mayor Laut (P) Romi Habe Putra. Kemudian KRI Hiu dengan komandan Mayor Laut (P) Sayid Hasan Hutaga­lung.

(de/feb/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *