Tahapan Pilbup Bogor Dimulai Agustus

by -

 METROPOLITAN – Ko­misi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor terus mempersiapkan diri menyambut pesta demo­krasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018. KPU memprediksi tahapan akan dimulai tahun ini sekitar Agustus. Ketua KPU Kabupaten Bogor Haryanto Surbak­ti mengatakan, tahapan pilkada akan dimulai dengan penyampaian dan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor. NPHD menjadi salah satu persyara­tan penganggaran untuk pelaks­anaan pilkada. “Kami prediksi Agus­tus 2017 ini akan dimulai tahapannya karena memang semua aturan yang tertuang dalam paket undang-undang soal pemilihan umum (pemilu) sedang dibahas. April ini baru diketok atau disahkan,” kata Haryanto kepada Metropolitan.

Setelah itu, tahapan masuk pada penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang dilanjutkan dengan pemutakhiran data oleh KPU. Selesai itu, KPU akan memulai pem­bentukan badan adhock yang terdiri dari Panitia Petugas Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemun­gutan Suara (KPPS). “Setelah itu semua selesai masuk kepada penyerahan dukungan perseorangan ke KPU yang dilanjutkan dengan verifikasi adminis­trasi dan faktual. Selanjutnya masuk ke pencalonan baik dari perseorangan maupun partai politik. Tahapannya masih panjang dan 2017 ini akan di­mulai,” terangnya.

Baca Juga  Pria 23 Tahun Ditemukan Tewas di Kontrakan, Ini Dugaan Penyebabnya

Di samping itu, KPU terus melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan par­tai politik, lembaga pemerintahan dan lainnya. Sosialisasi dimaksudkan agar semua pihak memahami proses dan regulasi pelaksanaan pilkada menda­tang.

(fin/b/ram/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *