Tersangka Penipuan Berlian Diamankan

by -

METROPOLITAN– Sempat buron selama sembilan bulan, tersangka penipuan ini dapat diamankan. Polisi akan segera melimpahkan berkas tersangka tahap dua ke kejaksaan negeri.

Tersangka adalah Ida Fandayani alias Ie Tjong Fang. Ida menjadi tersangka kasus penipuan berlian senilai Rp 39,7 miliar dengan korban Mariani Tanubrata.

“Tersangka sudah kami amankan. Akan kami koordinasikan untuk pelimpahan tahap dua,” ujar Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Shinto Silitonga kepada wartawan.

Pelimpahan langsung pada tahap dua karena pelimpahan tahap satu sudah dilakukan pada 27 April 2016. Saat proses pelimpahan tahap dua, Ida kabur. Setelah kabur, polisi segera menerbitkan surat DPO Nomor: DPO/R/143/VI/2016/Reskrim, sejak 20 Juni 2016.

“Kami menerima informasi bahwa tersangka ada di rumahnya. Tersangka kami amankan di rumahnya. Namun dia sempat ke luar negeri,” kata Shinto.

Setelah ditangkap, Ida segera dimasukkan ke tahanan Polrestabes Surabaya. Tapi keesokan harinya, Ida dibantarkan ke RS Adi Husada di Jalan Undaan Wetan karena sakit

Ida dilaporkan Mariani Tanubrata setelah menggelapkan uang senilai Rp 39,7 miliar. Kasus ini bermula saat Mariani menitipkan perhiasan bermatakan berlian kepada Ida Fandayani yang dikenal berbisnis jual beli perhiasan. Sudah berkali-kali Mariani menitipkan perhiasannya. Mariani sudah percaya kepada Ida karena mereka adalah teman karib.

Terkadang Mariani juga tidak meminta nota atau faktur penjualan Ida karena sudah kadung percaya. Pada awalnya bisnis ini berjalan lancar. Namun lambat laun Ida mulai seret membayar penjualan perhiasan milik Mariani. Hingga pada puncaknya uang pembayaran sebesar Rp 39,7 miliar tidak diberikan ke Mariani. 

Baca Juga  Awas! Penipuan Catut Nama Tirta Pakuan Pakai Nomor WA Call Center

SUMBER : detik

Leave a Reply

Your email address will not be published.