Warga Sinargalih Lestarikan Budaya Gotong-Royong

by -

METROPOLITAN – Demi meningkatkan kembali budaya gotong-royong yang su­dah mulai terkikis, Pemerintah Desa (Pem­des) Sinargalih, Kecamatan Tamansari, bersama warga bahu-membahu membe­ton jalan lingkungan (jaling) di Kampung Ciomas, RW 07, sepanjang 1.200 meter.

Sekretaris Desa Sinargalih Hendra Se­tiawan mengatakan, sejak dulu budaya gotong-royong di Desa Sinargalih sang­at kental dan hingga kini masih eksis.

Sesuai usulan warga, maka pemdes ber­sama warga mengerjakan jaling penghubung dua RW tersebut. “Selain warga kompak, jaling jadi bagus dan bersih,” ujar Hendra kepada Metropolitan, kemarin.

Ia melanjutkan, selain betonisasi jalan, pemdes bersama warga membangun 20 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang tersebar di 12 RW, pembangunan septic tank di 70 titik , anggaran dari DKP Ka­bupaten Bogor. Sedangkan Dana Desa (DD) digunakan untuk membangun Po­syandu Mujair di RW 08 serta renovasi posyandu di RW 02, pembangunan jem­batan di RW 02 dan 05, termasuk pembangunan MCK di RW 10.

Baca Juga  Warga Kampung Bojong Kerja Bakti Bangun Mck

“Adanya pembangunan di Desa Sinar­galih diharapkan bisa meningkatkan ha­sil perekonomian warga,” katanya.

Saat ada pembangunan jalan, sambung­nya, budaya gotong-royong selalu diu­tamakan karena warisan yang harus tetap dijaga dan dipertahankan. Sedangkan untuk pelaksanaannya sesuai ketentuan dengan melibatkan swadaya masyarakat.

“Kita mengajak seluruh warga men­ghidupkan budaya gotong-royong dan melestarikan tradisi sosial kemasyaraka­tan,” pungkasnya.

 (ads/c/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *