95 Pelajar Digembleng Kedisiplinan dan Kemandirian

by -

METROPOLITAN – Sebanyak 95 pelajar kelas V dan VI Sekolah Dasar Terpadu (SDT) Bina Ilmu Parung mengik­uti Perkemahan Sabtu Minggu (Per­sami). Seluruh siswa dibagi menjadi 12 regu yang terdiri dari enam regu putra dan enam regu putri.

Acara pada tahun ke-6 itu dipusatkan di Zona Madina, Dompet Dhuafa, Ke­camatan Kemang, Bogor. Giat ini sengaja ditujukan untuk melatih kedi­siplinan dan kemandirian seluruh siswa. Kegiatan ini juga didampingi 12 pela­tih dan 15 guru yang dipimpin kepala Majelis Pembina Gugus (Mabigus).

Keseruan siswa sangat terasa saat seluruh regu mulai memasang tenda perkemahan. Tak sampai di situ, acara api unggun yang merupakan puncak kegiatan persami juga men­jadi pelengkap penginapan siswa di alam terbuka.

Baca Juga  Semangat Menggebu, Kerja Dengan Restu

Ketua Pelaksana Kegiatan Persami Abdul Malik menuturkan, kegiatan tersebut merupakan acara keenam kalinya yang telah diadakan SDT Bina Ilmu, Parung. “Para siswa disu­guhkan materi tentang semaphore morse pluit, tali temali, pengetahuan kepramukaan dan peraturan baris-berbaris (PBB),” ujarnya.

Abdul mengaku sengaja memberi­kan materi seperti itu, karena sering muncul pertanyaan di ajang lomba siswa tingkat SD. “Tujuannya supaya ketika mereka mengikuti lomba bisa lebih siap dan mahir,’’ kata pria yang juga mengomandoi Persami 2017 itu.

Secara keseluruhan, sambung Malik, Persami merupakan wadah pembi­naan peserta didik yang dikemas se­cara menarik, menantang dan men­ghibur. “Seperti halnya tema yang diusung dalam Persami kali ini, ’Ko­barkan Semangat, Kibarkan Potensi untuk Penggalang Mandiri,” paparnya.

Baca Juga  Zona Madina Ajak Warga Jampang Tanam Pohon

Apalagi, tambah Abdul, selama ini karakteristik siswa sangat mempri­hatikan. ”Semoga atas izin Allah SWT kegiatan kepramukaan ini menjadi solusi dari keprihatinan itu,” ujarnya.

Sementara itu, Bidang Kesiswaan SDT Bina Ilmu Nurcholis mengatakan, Persami diadakan setiap tahun dan akhir tahun pelajaran. ”Persami mer­upakan puncak acara ekstrakurikuler Pramuka yang wajib diikuti seluruh siswa-siswi, khususnya kelas V dan VI,” katanya.

(yos/b/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.