Bahas Pilkada, Kpu Ngopi Bareng Lintas Elemen

by -

METROPOLITAN – Ko­misi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor menga­dakan rangkaian diskusi yang diberi nama Ngob­rolin Pemilu (Ngopi) ba­reng KPU Kota Bogor di aula kantor KPU Kota Bogor, belum lama ini. Mengangkat tema ‘Ke­siapan KPU Kota Bogor dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019’, acara ini diharapkan dapat menyerap aspirasi berbagai pihak terkait penyelenggaraan pesta demokrasi ke depan.

Kegiatan ini dihadiri berbagai elemen mulai dari unsur pimpinan daerah, pimpinan partai, bakal calon (balon) perseorangan dan elemen masyarakat lainnya. “Melalui dialog ini kami berharap mendapat masukan dari berbagai pihak sehingga pada saat pelaksanaan pil­kada maupun pemilu nanti KPU Kota Bogor mampu melaksanakan tugas sesuai harapan masyarakat. Tentunya dengan tetap menga­cu pada tugas dan wewenang KPU Kota Bo­gor sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Ketua KPU Kota Bogor Undang Suryatna.

Baca Juga  RUHUT ‘CABUT‘ DARI DEMOKRAT

Menurut Undang, hal ini perlu dilakukan karena penyelenggara pilkada dan pemilu perlu mendapat pengawasan dan masukan yang membangun. Tujuannya agar penyel­enggaraannya berjalan bersih, jujur, adil, berintegritas dan berkualitas.

Sementara itu, Wali Kota Bogor yang juga pengaman politik Bima Arya Sugiarto men­gatakan, dinamika pilkada dipengaruhi dua hal yaitu aturan dan kandidat. Menurut Bima, keduanya harus saling beriringan agar proses pilkada berjalan dinamis. “Ada dua aspek penting juga yang harus diperhatikan yaitu prosedural dan substansial. Aspek prosedural bicara bagaimana stakeholder maupun warga mampu membangun komu­nikasi yang lancar dengan KPU agar sepe­mahaman. Aspek substantif memberi pen­cerahan bagi warga agar mampu memper­satukan. Pilkada harus menghasilkan pe­mimpin yang dapat membangun dan menyejahterakan warga,” pungkas Bima.

Baca Juga  TPST Nambo Terancam Gagal Dibangun

(fin/b/ram/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.