Bolak-Balik Berobat, Butuh Duit Rp50 Juta Untuk Cangkok Mata

by -

Mata kiri Muhammad Yusuf Permana (16), siswa Ash-Shoheh yang jadi korban ceplokan telur busuk teman-temannya hingga saat ini belum juga bisa melihat. Bahkan, setiap harinya Yusuf harus sabar meneteskan obat mata dan obat-obatan lainnya demi mengembalikan penglihatannya. Bahkan, ia rutin bolak-balik ke rumah sakit untuk mengontrol kondisi matanya.

SUDAH tak terhitung lagi berapa besar uang yang dikeluarkan keluarga untuk kesembuhan Yusuf. Bukan hanya untuk pengobatan alter­natif, tapi juga untuk pengobatan medis yang dilakukan resmi para tenaga ahli. Anak yatim piatu itu kini tinggal bersama neneknya, Mak Tiah.

Di Rumah Sakit Harapan Bunda Jakarta Timur itulah Yusuf mendapatkan penanganan ekstra. Tante Yusuf Asih (36) mengatakan bahwa biaya yang harus dikeluarkan bila ke Jakarta untuk berobat Yusuf bisa mencapai Rp600 ribu.

Baca Juga  Giliran Pasar Sukasari Dijadikan Hotel

“Sekali pergi ke Jakarta Rp500-600 ribu keluar. Kita kan (mengeluarkan biaya untuk) obatnya nyampe 200 yang ngongkosnya, beli obatnya. Beli gak ada (tidak ditanggung) di BPJS (Kesehatan),” jelas Asih.­

Biasanya Yusuf bersama paman dan bibinya meng­gunakan taksi online untuk ke Jakarta. Paman Yusuf Juli (49) mengatakan bahwa biaya yang dikeluarkan biasanya berkisar Rp200 ribu untuk pulang pergi.

“Biasanya naik taksi online. Dari Cileungsi ke Jakarta seki­tar seratus ribu,” jelasnya.

Asih mengatakan, uang se­banyak Rp7 juta sudah dikelu­arkan demi kesembuhan mata Yusuf. “Semua perawatan sudah ngabisin tujuh jutaan”, jelas Asih.

Meski saat ini kondisi ma­ta Yusuf semakin membaik, penglihatannya belum 100 persen sempurna. “Putih di hitamnya sudah nggak sama kayak dulu pas kejadian. (Se­belumnya) tebel banget yang putihnya,” tambahnya.

Baca Juga  Heboh Selebaran Penculik Anak Di Kampung-Kampung

Asih menjelaskan, bila peng­lihatan Yusuf ingin kembali maka jalan yang harus ditem­puh adalah pencangkokan mata. Namun, biaya untuk pencangkokan mata tidaklah murah, berkisar Rp50 juta.

“Iya dengan cara cangkok untuk membantu penglihatan. Rp50 juta buat cangkok sama operasi”, imbuh Asih sambil menghela napas.

(kmp/feb/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.