Dapodik tak Tercatat, Guru Batal Dapat Sertifikasi

by -

MEGAMENDUNG – Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor memverifikasi data guru penerima dana tunjangan sertifikasi. Menurut Kepala Seksi (Kasi) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) SMP Disdik Kabupaten Bogor Hidayat, hasil verifikasi yang dilakukan tim operator, jumlah tenaga pendidik yang menerima dana tunjangan sertifikasi sebanyak 7.136 orang. ”Jumlah itu mencakup guru SD dan SMP,” ungkapnya.

Verifikasi tersebut, menurut dia, mengacu pada data pokok pendidikan (dapodik). Sebab tidak mungkin pendataan dilakukan dengan turun langsung ke wilayah. Dibutuhkan waktu yang panjang untuk proses ini. ”Dapodik itu sangat krusial, karena itu sekolah harus rajin meng-update data terbaru ke dapodik,” pintanya.

Dia juga mengatakan, dapodik merupakan aplikasi online di sekolah untuk memasukan dan mengolah data, baik data peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan hingga profil sekolah itu sendiri. ”Jadi, jika tidak di-update, maka sekolah tidak akan mendapatkan bantuan program maupun pengembangan sarana pra-sarana sekolah. Saat ini dapodik merupakan acuan utama dunia pendidikan,” paparnya.

Baca Juga  Bogor Carnival Btm Dongkrak Pariwisata

Kepala Bidang Pembinaan GTK Disdik Kabupaten Bogor Asep A Sudrajat mengemukakan, proses pencairan dana tunjangan sertifikasi guru baru akan dilakukan setelah penyelesaian verifikasi selesai. ”Untuk alur pencairannya dari Kementerian Keuangan disalurkan ke kas daerah. Setelah itu ditransfer ke rekening masing-masing penerima,” tuturnya.

Menurutnya, untuk tenaga pendidik swasta prosesnya akan lebih cepat, karena penyaluran tidak transit dahulu melalui pemerintah daerah alias langsung disalurkan ke rekening masingmasing. ”Jika PNS harus disalurkan ke kasda untuk dilaporkan terlebih dahulu,” ujarnya. Asep mengingatkan sekolah aktif meng-update data ke dapodik. ”Jangan sampai nantinya penerima dana tersebut sudah tidak terdaftar karena dapodik kurang update,” tukasnya.

(ash/b/suf/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *