Diceplok Telur Busuk Mata Yusuf Bernanah

by -

PERAYAAN ulang tahun yang barbar lagi-lagi memakan korban. Seorang pelajar di Citeureup terpaksa kehilangan penglihatannya karena dikerjai teman-temannya saat ulang tahun. Niat memberikan kejutan, siswa Madrasah Aliyah Ash-Shoheh Muhamad Yusuf Permana justru mendapat kado pahit lantaran matanya bernanah dan tak bisa melihat usai diceplok telur busuk.

YUSUF terpaksa menenggak pil pahit di usia ke-19 tahun. Tepat di hari kelahirannya 20 Januari lalu, kawan-kawannya di Kampung Leuwijambe, Desa Kadumangu, Kecamatan Babakanmadang menghadiahi telur busuk ke tubuhnya hingga mengenai mata.­

Ini berawal saat Yusuf berada di warung dekat rumah. Tiba-tiba, kawannya yang berjumlah 14 orang melemparinya den­gan telur busuk.

Tak disangka sepulangnya dari warung, siswa kelas XII itu justru mengalami iritasi di bagian mata kirinya yang men­dadak memerah.

“Waktu itu sama dia cuma di­kasih obat mata biasa,” tutur Evi Hesvinawati (27) menceritakan kejadian nahas yang dialami adik kandungnya.

Baca Juga  Heboh Seruan Mui Bogor Larang Cap Go Meh

Bukannya membaik, mata Yu­suf justru makin parah. Sampai-sampai lingkaran putih di bola matanya nyaris keluar. Saat itu, adiknya mengeluh sakit di ba­gian dalam mata kirinya.

“Dia sampai nggak bisa tidur karena ngerasa sakit. Sampai-sampai matanya menonjol kayak mau keluar,” ungkapnya menahan sedih.

Wanita yang sehari-hari bekerja di Jakarta itu pun tidak tahu kalau adiknya habis dik­erjai teman-temannya tepat di hari ulang tahun. Sudah bolak-balik ke klinik, mata Yusuf justru makin parah hingga tak bisa melihat.

Evi masih ingat saat keluar dari ruang klinik, adiknya yang sehari-hari tinggal bersama sang nenek Mak Tiah sedih bu­kan kepalang. Yusuf menangis, berharap matanya bisa kembali.

“Mata kirinya tidak bisa meli­hat karena bernanah. Sampai-sampai dia mengurung diri di rumah tidak mau ke mana-mana. Dia jadi minder,” sesal wanita yang sehari-hari kerja di Jakarta.

Meski sudah bolak-balik klinik mata, Yusuf tak menunjukan perubahan, sampai akhirnya ia dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong. Saat itulah, Yusuf mengaku telah dikerjai teman-temannya yang tega menceplok telur busuk. Dari situ, pihak rumah sakit akhirnya merujuk Yusuf ke RS Harapan Bunda di Jakarta.

Baca Juga  Rayu dengan Sate, Jokowi Ajukan Empat Permintaan

“Awalnya dia nggak ngaku kalau habis dikerjai temannya. Tadinya mau diangkat matanya tapi setelah dirujuk ke RS Hara­pan Bunda berangsur-angsur ada perubahan,” cerita Evi.

Meski belum bisa melihat, kata Evi, kondisi mata Yusuf yang semula menjorok keluar telah mengempis. Ada harapan mata adiknya kembali normal. Itu pun jika lukanya tidak meru­sak fungsi retina.

“Kata dokter kalau lukanya tidak sampai bagian dalam, masih bisa dicangkok mata. Tidak perlu di­angkat. Sekarang kan nanahnya sudah berkurang, semoga saja bisa sembuh,” harap Evi.

Kejadian yang menimpa Yu­suf ini bukan kali pertama. Sebelumnya, di Tebing Tinggi Sumatera Utara hal sama juga menimpa seorang siswi.

Humas Polres Tebing Tinggi, Sumatera Utara, melalui post­ingannya meminta masyarakat tidak lagi membudayakan per­ayaan ulang tahun secara kejam.

Baca Juga  Hari Pertama Basah-basahan Bareng Jokowi

Karena, akibat mengerjai te­mannya dengan telur busuk, seorang pelajar terpaksa buta lantaran cairan telur yang men­gandung bakteri itu terlanjur merusak kornea matanya.

Dengan terjadinya kejadian tersebut, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Egi Gunadi Wibawa mengingatkan pelajar di Kabupaten Bogor tidak mengulangi hal konyol tersebut.

“Ya seharusnya jangan meray­akan kebahagiaan seperti ini, apalagi sampai mengakibat­kan kebutaan, yang diakibat­kan cairan telur busuk terkena mata,” ujarnya saat dikonfirmasi Metropolitan melalui saluran telepon, malam kemarin.

Ia pun meminta sekolah-sekolah dan orang tua mnegin­gatkan anak-anaknya agar ke­jadian ini tidak kembali terulang.

“Ini harus jadi peringatan keras, sekolah juga jangan men­gabaikan. Kalau perlu, siswanya diberi sanksi kalau ada yang ketahuan mengerjai temannya,” tegas politis PDI Perjuangan itu.

(yos/c/feb/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.