DP3AP2KB Gelar Sosialisasi Kecamatan Layak Anak

by -

CIJERUK – Dinas Pemberdayaan Pe­rempuan, Perlindungan Anak, Pengen­dalian Penduduk dan Keluarga Beren­cana (DP3AP2KB) Kabupaten Bogor mengadakan pelatihan dan pembentu­kan Kecamatan Layak Anak (KLA). Ke­giatan ini digelar di Aula Kecamatan Cijeruk dan dihadiri unsur muspika serta seluruh kader PKK tingkat desa se-Kecamatan Cijeruk.

Kasi Kesejahteraan Anak DP3AP2KB A Suhaemi mengatakan, KLA merupakan program pemerintah pusat yang dila­njutkan ke pemerintah daerah dan langs­ung direspons. “Yang dimaksud KLA ini bertujuan menyejahterakan dan melin­dungi anak dari lingkungan sekitar. Se­perti adanya tempat bermain, lingkungan sekolah anak yang aman dan nyaman. Kami Pemerintah Kabupaten Bogor langsung merespons program pemerin­tah pusat tersebut,” bebernya kepada Metropolitan.

KLA ini, lanjut dia, membutuhkan ker­ja sama semua pihak agar kebutuhan dan perlindungan anak di daerah bisa terpenuhi. Dengan begitu anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. ”Ramah dan layak bagi anak suatu ke­butuhan yang perlu perhatian kita semua. Demi suksesnya program ini, kami juga terjun langsung agar KLA cepat terben­tuk,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala UPT DP3AP2KB Wilayah Ciomas Karwita menuturkan, pelatihan dan pembentukan KLA di Cijeruk ini akan melibatkan semua elemen ma­syarakat. Mulai dari kepolisian hingga tingkat kader posyandu. ”Nanti ang­gota gugus depan KLA akan dibuatkan Surat Keputusan (SK). Sementara ang­gotanya terdiri dari unsur kepolisian, TNI, puskesmas, guru serta para alim ulama setempat,” jelasnya. Salah satu yang pa­ling mendasar, tambah dia, KLA bertu­juan menghindarkan anak dari lingkungan yang kurang mendukung tumbuh kembang anak.

(nto/b/suf/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *