DPRD Kota Depok Setuju Rencana Pemkot Depok Untuk Sewa TPA

by -

METROPOLITAN – DPRD Kota Depok mendukung rencana Pemerintah Kota Depok untuk menyewa Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sebagai upaya mengurangi beban sampah di TPA Cipayung sudah overload. Ketua Komisi C DPRD Kota Depok, Mazhab, kondisi TPA Cipayung sudah dalam kondisi kritis. “Mau tidak mau dan harus segera dilakukan,” kata Mazhab kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Politisi PPP itu mengatakan, kini ketingian sampah di TPA Cipayung sudah mencapai 30 meter. Padahal tinggi ideal hanya 20 meter. Sehingga bisa terus dipaksanakan menampung, ditaksir TPA Cipayung cuma bisa bertahan sampai September-Oktober tahun ini. Ia pun khawatir jika sewaktu-waktu ketinggian sampah akan longsor. Makanya saat mendengar pemkot ingin menyewa TPA, pihaknya menilai bila hal tersebut adalah langkah positif.

Baca Juga  Urus Sungai Cileungsi, DLH Tambah Anggaran

“Pemkot Depok harus mengambil langkah dengan pihak ketiga untuk membuang sampah ke daerah lain,” katanya. Lebih jauh, kata dia, pemerintah juga mesti segera menyiapkan anggaran untuk sewa TPA, bila memang rencana ini jadi dilakukan. Dewan siap mendukung.
“Sampai saat ini belum dihitung secara detail (anggaran sewa) karena Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan sedang menghitung volume sampah (yang bakal dibuang) ke luar Depok,” tuturnya.

Mazhab menyebut, ada dua opsi tempat pembuangan akhir. Yakni, TPA Regional Lulult-Nambo, Kabupaten Bogor dan Bantar Gebang di Kota Bekasi. Kemungkina opsi kedua akan ditempuh. Paling siap. Pasalnya TPA Lulut-Nambo, hingga kini pembangunannya masih dalam proses. Memang sedari dulu, TPA yang berlokasi di Jonggol tersebut adalah incaran Depok sejak lama. Bantar Gebang, sebutnya, menjadi pilihan lain dan dipertimbangkan. “Kita fokus di dua alternatif itu,” kata Mazhab.

Baca Juga  Wah mobil88 Depok Diincar Pasangan Muda

SUMBER : POJOKJABAR.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *