Jangan Asal Gunakan Dana Hibah, Pemkab Bogor

by -

METROPOLITAN – Pemerintah Kabupaten Bogor, terus meningkatkan bimbingan teknis (Bintek) bantuan hibah lembaga dan sarana keagamaan. Hal itu, dilakukan untuk mengoptimalkan pelaksanaan kebijakan bidang kesejahteraan rakyat tahun 2017.

Asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, ada 600 peserta yang hadir. Diantaranya, kaur kesra desa sebanyak 416 orang, Kasi Kesra Kelurahan 19 orang, serta unsur badan dan lembaga serta ormas bidang keagamaan sebanyak 165 orang.
Ia mengungkapkan, bantuan hibah memiliki prosedur tersendiri yang harus ditaati dimulai penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan hingga pelaporannya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemkab telah menjabarkan ketentuan tersebut dengan menerbitkan peraturan bupati nomor 16 tahun 2016 yang mengatur tata cara penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, pertanggung jawaban dan pelaporan serta monitoring dan evaluasi hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD.

Baca Juga  Kisah Tukang Ojek Antar Pulang ABG Korban Pemerkosaan, Histeris Saat Bertemu Sang Ibu

Burhan menambahkan, mekanisme pemberian hibah memiliki mata rantai yang panjang, mulai proposal permohonan, verifikasi dan evaluasi desa/kelurahan, kecamatan dan SKPD terkait.

Selain itu, pengajuan rekomendasi terhadap tim anggaran pemerintah daerah, penyusunan surat kepurtusan tentang daftar calon penerima hibah.

Termasuk, penyusunan daftar penerima hibah dalam KUA PPAS, kemudian dibahas dalam perda APBD dan penjabarannya hingga dianggarkan dalam APBD sesuai siklus alur perencanaan yang tepat dan baik.

“Setiap calon penerima dan lokasi yang akan dibantu, baik melalui mekanisme terencana yang telah masuk dalam daftar KUA/PPAS, maupun yang tidak terencana harus disosialisasikan dengan baik,” tegas Burhanudin di Gedung PUSDAI Kabupaten Bogor, Selasa (11/04/2017).

Baca Juga  Ketua DPRD Kota Bogor Nyatakan Diri Terpapar Covid-19

SUMBER : POJOKJABAR.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.