Kekurangan Dokter, Nyawa Pasien Tak Tertolong

by -

JASINGA – Kurangnya tenaga medis di daerah pelosok, khususnya dokter, menyebabkan kualitas pelayanan Puskesmas Jasinga kurang maksimal. Kejadian ini menimpa Devi (9), warga RT 02/01, Kampung Sipak, Desa Sipak, Kecamatan Jasinga. Ia dinyatakan meninggal akibat kurangnya dokter.

Awalnya Devi masuk IGD Puskesmas Jasinga sekitar pukul 06:30 WIB dalam keadaan kritis. Namun karena di puskesmas tersebut tak ada dokter jaga, Devi pun hanya dirawat suster dan perawat hingga akhirnya nyawa Devi tak tertolong dan meninggal di rumah sakit.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jasinga Anang Sujana menjelaskan, pasien datang dengan keluhan batuk, sesak napas dan panas dalam. Perawat langsung melakukan penanganan dengan memasang oksigen sambil diobservasi.

Baca Juga  Selamat! Kota Bogor Raih Wahana Tata Nugraha

Karena kesal belum diperiksa dokter, pihak keluarga melepas sendiri selang oksigen yang terpasang dan membawa pasien keluar UGD dengan alasan ingin dibawa pulang. “Dokter puskesmas belum datang dan memang dari kemarin ditugaskan rapat kesehatan di Cibinong. Sedangkan pada saat yang sama, petugas sedang melayani pasien lain,” bebernya.

Setelah mengetahui pasien tidak ada di ruangan, lanjut Anang, perawat langsung memanggil pasien yang sudah berada di tempat parkir agar kembali ke ruang UGD untuk diberi penanganan. “Kemudian pasien balik lagi ke ruang UGD dan dipasang lagi oksigen. Namun beberapa waktu kemudian pasien dinyatakan meninggal dunia,” tuturnya.

Anang menambahkan, saat ini di Puskesmas Jasinga hanya memiliki satu dokter. Jika dokter bersangkutan rapat di luar, maka tugasnya akan digantikan dan dibantu dokter Lina dari Puskesmas Bagoang untuk memeriksa pasien. Ia pun mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya pasien tersebut serta menghaturkan permohonan maaf jika pelayanan Puskesmas Jasinga belum optimal.“Inti permasalahan ini adalah kurangnya tenaga dokter yang menyebabkan kualitas pelayanan kurang pula,” pungkasnya.

Baca Juga  AY Ingin BPTJ Komitmen Kesepakatan

(ads/c/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.