Kepemilikan Kios Pasar Merdeka Akan Digugurkan

by -

METROPOLITAN – Sebanyak 109 kios dari total 490 kios yang ada di Pasar Merdeka akan digugurkan ke­pemilikannya. Upaya tersebut ter­paksa diambil alih Perusahaan Daerah Kota Bogor melalui Unit Pasar Merdeka, lantaran pedagang belum melunasi tunggakan piutang dan sudah mendapat surat peringatan pertama hingga ketiga pada akhir 2016 lalu. Pelunasan tak kunjung diselesaikan para pemilik kios padahal sudah diberikan wakPasar Pakuan Jaya (PD PPJ) tu cukup lama oleh PD PPJ. Hal tersebut disampaikan Kepala Unit Pasar Merdeka Syam Su­arman di kantor unit Pasar Merdeka, kemarin. ­

Syam menjelaskan, langkah terakhir itu terpaksa ditempuh karena tidak dilakukannya kewajiban para pemilik kios atau pedagang. Kewajiban itu adalah pembayaran Hak Guna Bangun (HGB) berupa angsuran pembayaran kios/los selama bertahun-tahun. Bahkan, tidak sedikit pula adanya ketidakjelasan status kepemilikan karena adanya kios-kios atau yang telah di­pindahtangankan kepada pihak lain. ”Pengguguran kios/los di Pasar Merdeka ini merupakan ketetapan di­reksi PD PPJ dalam suratnya dengan Nomor: 977/KEP.60-PDPPJ/2017 tentang Peneta­pan Pengguguran Kepemilikan Kios/Los di Pasar Merdeka,” ujar Syam.

Baca Juga  Tafrichan Fokus Bantu Kaum Duafa

Dalam surat keputusan di­reksi itu, kata Syam, di anta­ranya disebutkan bahwa ke­putusan itu diambil karena adanya tunggakan pembaya­ran atau angsuran kios/los Pasar Merdeka dari para pe­dagang yang tidak memiliki itikad baik yang tidak mela­kukan pelunasan pembayaran kios/los yang ditempati. ”Se­hingga dengan sangat ter­paksa kami akan melakukan pengguguran itu. Insya Allah dalam minggu ini juga kami akan segera membentuk tim, salah satunya adalah untuk melakukan pengukuran ulang kios/los itu,” pungkasnya.

(*/els/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.