Ketua Dprd Hari Ini Diperiksa Kejati?

by -

METROPOLITAN – Meski membantah telah memanggil sejumlah pejabat Kota Bogor, pemeriksaan saksi kasus lahan panas Angkahong tetap dilakukan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat. Kabarnya, se­telah Walikota Bogor Bima Arya, hari ini Ketua DPRD Kota Bogor Untung W Ma­ryono akan kembali dimintai keterangan­nya sebagai saksi. Pemeriksaan Untung dilakukan setelah penyidik memeriksa Wakil Walikota Usmar Hariman, Sekreta­ris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat dan Asisten Tata Praja Setda Kota Bogor Hanafi.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Penkum) mengatakan, jika statusnya sudah dinaikkan menjadi penyiKejati Jawa Barat Raymond Ali dikan, penyidik membutuhkan keterangan dari para saksi. Namun, ia mengaku belum mendapatkan informasi ter­kait hasil pemeriksaan saksi-saksi dari penyidik. “Ini kan sudah tahapan penyidikan jadi wajar jika ada pemeriksa­an saksi-saksi walaupun saya pribadi belum mendapatkan laporan dari tim penyidik,” ka­tanya.­

Baca Juga  Beri Jamu Ramuan Herbal secara Gratis

Raymond juga meminta ma­syarakat bersabar terkait pro­gres penanganan kasus ko­rupsi tersebut. Saat ini pihaknya juga menunggu putusan ka­sasi yang diajukan ketiga ter­sangka yang sebelumnya di­vonis majelis hakim. “Kita juga menunggu proses kasasinya dulu karena belum inkrah, jadi bersabar saja karena semuanya berproses,” jelasnya.

Terpisah, Bima Arya tak mengakui secara gamblang jika dirinya sudah diperiksa penyidik Kejati. Menurut Bima, ia bersama jajaran pejabat di Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor selalu siap dimintai keterangan penegak hukum terkait kasus pembebasan lahan Angkahong tersebut. Sebab, memang perlu ada kepastian hukum terkait kasus ini. “Pada intinya sedari awal saya beserta jajaran pemkot selalu siap dimintai keterang­an.

Baca Juga  Ulama Sedunia Ngumpul Di Puncak

Apabila ada proses lanjutan semua harus siap, jadi kalau­pun ada pemanggilan se­muanya harus bekerja sama menyampaikan keterangan kepada penegak hukum,” ujarnya kepada Metropolitan.

Orang nomor satu di Kota Bogor ini menjelaskan segala proses penegakan hukum di­serahkan kepada pihak berwa­jib. “Semua yang diperiksa tidak serta merta dapat menyam­paikan subtansi perkara ka­rena itu kewenangan penyidik dan kita hargai itu,” terangnya.

Ia juga berharap setiap peja­bat yang diperiksa dapat be­kerja sama dengan baik untuk menuntaskan permasalahan ini. Walaupun, menurut Bima, pemanggilan saksi-saksi ter­sebut merupakan kewenangan penyidik. “Kita serahkan se­muanya saja kepada penyidik karena itu kewenangannya,” paparnya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan Ketua DPRD Kota Bogor Untung W Mary­ono belum bisa dimintai kete­rangannya. Metropolitan sudah menghubungi via telepon namun belum direspons.

Baca Juga  Adang Lantik 13 Pejabat

(mam/b/els/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.