Kpu Kota Bogor ‘Berguru’ Ke Jakarta

by -

MET­ROPOLI­TAN – Ko­misi Pemi­lihan Umum (KPU) Kota Bogor men­gunjungi KPU Kota Administra­tif Jakarta Utara, belum lama ini. Kun­jungan tersebut dila­kukan untuk menam­bah referensi ter­kait penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang juga ber­langsung di Kota Bogor pada 2018 menda­tang.

KPU Kota Administratif Jakarta Utara men­jadi salah satu KPU di Jakarta yang sukses menyelenggarakan Pilkada DKI Jakarta pu­taran kedua, Rabu (19/04). Rombongan KPU Kota Bogor diterima langsung Ketua KPU Kota Aministratif Jakarta Utara beserta jaja­ran di Kantor KPU Kota Aministratif Jakarta Utara Jalan Baru Ancol Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Kunjungan tersebut untuk menambah referensi dalam mencari solusi atas se­gala tantangan dan kemungkinan persoa­lan dalam menghadapi Pilkada Serentak. Kebetulan KPU Kota Aministratif Jakarta Utara sedang melaksanakan pemungutan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta putaran kedua,” terang Ketua KPU Kota Bogor Un­dang Suryatna.

Baca Juga  Kemenangan Gerindra di Pilkada Jalan Mulus untuk Pilpres 2019

Kunjungan itu diawali dengan ikut memantau pemungutan suara di sejumlah Tempat Pemun­gutan Suara (TPS) di Jakarta Utara. Setelah itu seluruh jajaran melakukan dis­kusi terkait stra­tegi bimbingan teknis untuk penyeleng­gara panitia adhoc yang hampir seluruh anggotanya baru pertama kali menjadi penyelenggara adhoc. “Kondisi ini juga yang akan menjadi tantangan sendiri bagi KPU Kota Bogor yang kemungkinan besar akan mengalami hal serupa,” terang­nya.

Mengantisipasi hal itu, KPU Kota Bogor harus lebih inovatif dalam memberikan materi kepada panitia adhoc. Contohnya bisa melalui simulasi baik pada masa ta­hapan, pelaksanaan pemungutan suara hingga rekapitulasi suara. Sehingga pada waktu-waktu tersebut penyelenggara ad­hock bertugas secara maksimal. “Pada masa kerjanya nanti, penyelenggara ad­hoc diharapkan bisa saling berkoordinasi, lebih tertib, lebih waspada dan lebih teliti terutama terkait surat suara,” pungkasnya.

Baca Juga  KPU Buka Ruang Konsultasi Calon Perseorangan

(fin/b/ram/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.