Pengelola Informasi Pemkot Ikut Sertifikasi

by -

METROPOLITAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengirimkan perwakilannya sebanyak 60 orang untuk ikut pelatihan tentang peng­elolaan informasi. Lewat kegiatan bimbingan teknis dan sertifikasi kompetensi, sejumlah PNS mulai dari pejabat fungsional hingga pra­nata kehumasan dilatih cara mengelo­la informasi sekaligus membuat dokumentasi kegiatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bo­gor Ade Sarip Hidayat mengatakan, sesuai UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) memang sangat penting untuk terus meningkatkan kompe­tensi bagi pengelola informasi dan dokumentasi demi pembangunan ke depan. Sebab, masih banyak pe­tugas yang tidak memiliki kemam­puan mengelola dokumentasi dan kesulitan saat mengklasifikasikan antara dokumen biasa, penting atau rahasia. Tak jarang ketika masyarakat atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) meminta data, petugas kere­potan karena tidak diarsipkan dengan baik. “Kami harap dari bimtek ini menjadi evaluasi dan perbaikan bagi seluruh petugas,” tegasnya.

Baca Juga  Alhamdulillah... 51 KK di Karadenan Terima Bantuan

Menurut Ade, pemberian sertifikat kelulusan kepada peserta harus betul-betul didasari kemampuan peserta. “Jangan sampai peserta pe­nerima sertifikat kelulusan tidak mampu memahaminya atau sekadar nama di atas kertas,” ujarnya.

Dia juga berpesan dari kegiatan yang digelar di Kota Bogor itu, para pegawai di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor semuanya lulus. Namun jika tidak lulus bisa kem­bali mengikuti sertifikasi di kesem­patan lain.

“Pengelolaan dokumentasi ini pen­ting, jadi pegawai seharusnya kom­peten. Kalau perlu diberikan tunjangan, sehingga pendokumentasian dapat dikelola dengan baik dan benar,” pungkasnya.

(*/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.