Rahasia Menata Keuangan Dengan Baik

by -

KEBANYAKAN orang menyadari betapa pentingnya mengatur keuangan dengan baik. Namun melakukan ini tak semudah yang dibayangkan. Be­rikut rahasianya:

  1. BUAT DANA DARURAT MINI

Seperti apa pun kondisi keuangan, Anda harus tetap menempatkan se­jumlah dana darurat di dalamnya. Jika saat ini tidak memungkinkan un­tuk menyimpannya dalam jumlah proporsional, maka mulailah mem­buat dana darurat ini dalam ukuran mini terlebih dulu.

  1. REKONSOLIDASI UTANG

Jika memiliki utang pada pihak lain (bank), ada baiknya segera melakukan rekonsolidasi dengan pihak yang ber­sangkutan. Ini akan mengurangi jum­lah utang, termasuk cicilan utang yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sebab, bunga dan berbagai biaya lain­nya bisa dihilangkan.

  1. FOKUS MENABUNG

Dana tabungan yang ideal minimal 10-15 persen dari penghasilan bulanan. Dana ini akan dialokasikan sebagai dana pensiun di masa mendatang, sehing­ga sangat penting disiplin dalam menabung setiap bulan.

  1. RENCANAKAN PEM­BAYARAN UTANG
Baca Juga  Wabup Bogor juga Ikut #10YearsChallenge

Saat melakukan prioritas tabungan masa tua, maka penting berada dalam kondisi bebas utang. Jika keuangan terbebas dari utang, maka fokus mena­bung dana pensiun sema­kin mudah dilakukan.

  1. LAKUKAN DENGAN DISIPLIN

Tidak perlu malu jika memiliki kondisi keuangan yang buruk. Sebab, ham­pir semua orang pernah mengalami masalah yang sama. Segera atasi hal ini, salah satunya dengan me­milih apa saja yang harus diprioritaskan dalam keu­angan.

(net/mam/py)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.