Rahasia Menata Keuangan Dengan Baik

by -

KEBANYAKAN orang menyadari betapa pentingnya mengatur keuangan dengan baik. Namun melakukan ini tak semudah yang dibayangkan. Be­rikut rahasianya:

  1. BUAT DANA DARURAT MINI

Seperti apa pun kondisi keuangan, Anda harus tetap menempatkan se­jumlah dana darurat di dalamnya. Jika saat ini tidak memungkinkan un­tuk menyimpannya dalam jumlah proporsional, maka mulailah mem­buat dana darurat ini dalam ukuran mini terlebih dulu.

  1. REKONSOLIDASI UTANG

Jika memiliki utang pada pihak lain (bank), ada baiknya segera melakukan rekonsolidasi dengan pihak yang ber­sangkutan. Ini akan mengurangi jum­lah utang, termasuk cicilan utang yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sebab, bunga dan berbagai biaya lain­nya bisa dihilangkan.

  1. FOKUS MENABUNG

Dana tabungan yang ideal minimal 10-15 persen dari penghasilan bulanan. Dana ini akan dialokasikan sebagai dana pensiun di masa mendatang, sehing­ga sangat penting disiplin dalam menabung setiap bulan.

  1. RENCANAKAN PEM­BAYARAN UTANG
Baca Juga  Transaksi Berbayar di ATM Link Ditunda, Benar nggak Nih?

Saat melakukan prioritas tabungan masa tua, maka penting berada dalam kondisi bebas utang. Jika keuangan terbebas dari utang, maka fokus mena­bung dana pensiun sema­kin mudah dilakukan.

  1. LAKUKAN DENGAN DISIPLIN

Tidak perlu malu jika memiliki kondisi keuangan yang buruk. Sebab, ham­pir semua orang pernah mengalami masalah yang sama. Segera atasi hal ini, salah satunya dengan me­milih apa saja yang harus diprioritaskan dalam keu­angan.

(net/mam/py)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *