Rsmm Gaet Dinkes Urus Penyembuhan Gangguan Jiwa

by -

METROPOLITAN – Rumah Sakit Mar­zoeki Mahdi (RSMM) Instalasi Unit Kesehatan Jiwa bersama Dinas Kese­hatan (Dinkes) Kabupaten Bogor meng­gelar sosialisasi untuk melakukan pen­dampingan, pemeriksaan, penyediaan psikiater dan edukasi terhadap masy­arakat Bumi Tegar Beriman terkait penyembuhan bagi Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Penyuluhan tersebut dilaksanakan di beberapa lokasi pelayanan kesehatan (paskes) di Kabupaten Bogor. Seperti kegiatan yang diadakan di UPT Kese­hatan Kecamatan Kemang belum lama ini yang melibatkan sepuluh pendamping dan sepuluh pasien ODGJ yang telah mendapatkan perawatan sebelumnya.

Adapun pelaksanaan yang akan kem­bali direalisasikan pekan ini bakal di­gelar di UPT Kesehatan Kecamatan Pamijahan, Leuwiliang, Banjarsari Ciawi, Banjarsari Citapen Ciawi, Jonggol dan Cibeuteungudik Ciseeng, Bogor.

Baca Juga  Bupati Nurhayanti Menghadiri Pemusnahan Miras Dan Narkoba Di Cibinong

Koordinator Lintas Sektoral dan Inte­grasi Instalasi Kesehatan Jiwa RSMM Iyed Yudiana mengatakan, tujuan di­selenggarakannya acara tersebut ya­kni agar masyarakat umum memahami arti nama ODGJ dan menghilangkan stigma negatif dari pemakaian dan pengertian ODGJ. “Untuk itu, saya ber­harap masyarakat tidak lagi mengguna­kan istilah gila, sinting dan lainnya, namun harus ODGJ,” ujarnya.

Hal tersebut sangat berpengaruh bagi pasien ODGJ apabila mereka mengetahui sebutan yang tak seharus­nya. Sebab, gangguan kesehatan jiwa ini dapat disembuhkan. “Saya berharap masyarakat tidak mengucilkan pasien ODGJ yang telah sembuh dari RSMM,” harapnya.

Iyed menjelaskan, gangguan jiwa memang ada di antara setiap manusia dan seperti halnya penyakit lain yang dapat disembuhkan. “Tapi sesuai sakit yang diderita dan dengan penanganan yang baik, ODGJ bisa ditangani hingga pulih kembali, tapi harus pula dide­teksi dari awal agar tetap terkontrol,” bebernya.

Baca Juga  Angin Kencang Landa Kampung Cisalada

(yos/b/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.