Sdn Cibuluh 3 Tak Punya Halaman

by -

METROPOLITAN – Pantas saja para siswa SDN Cibuluh 3 Kota Bogor sulit berprestasi, ternyata ada bebe­rapa faktor penyebabnya. Di antaranya karena sekolah yang berlokasi di Jalan Mandala, Kelurahan Ciparigi, Keca­matan Bogor Utara, tidak memiliki pekarangan sekolah. Padahal dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sangat memerlukan ruang dan ling­kungan pendukung.

Salah satu orang tua murid kelas IV Iis Rahmawari menjelaskan tujuan adanya pekarangan/halaman sekolah, tak lain membantu siswa dan guru agar dapat berkonsentrasi dalam be­lajar. “Bagi para siswa, lingkungan pekarangan sekolah yang nyaman, bersih dan cukup pepohonan sangat diperlukan. Tidak itu saja, bagi para siswa, lingkungan dengan taman ber­main yang tercukupi akan membuat tumbuh kembang anak menjadi baik dan menyenangkan,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.

Baca Juga  Dilarang, Sekolah Tetap Jual Buku LKS

Keberadaan lapangan bermain mer­upakan hal yang sangat penting bagi KBM dan pembentukan karakter di sekolah ini, khususnya yang berhu­bungan dengan ketangkasan dan pendidikan jasmani. Selain itu, lapangan atau halaman sekolah juga dapat di­gunakan untuk kegiatan bermain siswa, kegiatan upacara, apel pagi dan kegiatan perayaan/pentas seni yang memerlukan tempat luas.

“Saya berharap Dinas Pendidikan dapat mewujudkan keinginan kami-kami ini agar SDN Cibuluh 3 memi­liki halaman/pekarangan sekolah,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SDN Cibuluh 3 Selamet membenarkan bahwa sejak berdiri sekolah peninggalan Kabupaten Bogor ini tidak memiliki halaman atau pekarangan. Ia juga mengaku telah berupaya mendapatkan halaman atau lapangan upacara di sekolah ini. “Sebe­narnya, sudah ada masyarakat yang menawarkan tanahnya ke sekolah selu­as 570 meter persegi. Tapi pihak sekolah tidak punya uang. Akhirnya kami pun mengirim surat ke Dinas Pendidikan Kota Bogor pada Maret 2016. Jadi kami masih menunggu realisasinya. Sebab permohonan kami sedang diproses,” pungkasnya.

Baca Juga  Ratusan Siswa Yasarini Cabang Lanud ATS Ikuti Olimpade Matematika

 (rub/tur/ar/mam/dit

Leave a Reply

Your email address will not be published.