Sekdis Kominfo Kembali Salurkan Amanat Donatur

by -

METROPOLITAN – Sekretaris Dinas (Sekdis) Komunikasi dan Informatika (Ko­minfo) Kabupaten Sukabumi Yudi Pra­yoga kembali menyalurkan bantuan dana yang berasal dari donatur kepada warga yang tidak mampu. Yudi membe­ranikan diri melakukan kunjungan ka­rena sudah ada transfer dana bantuan sejumlah Rp10 juta dari seorang sahabat di Jakarta yang mempercayakan uangnya disalurkan kepada warga yang membu­tuhkan. Kepercayaan ini dijadikannya sebagai amanah yang sedikit pun tidak boleh dikurangi dan diselewengkan, ter­masuk kepada siapa harus disalurkan amanat ini tersebut.

Uang itu akan digunakan membantu warga miskin atau pasien yang membu­tuhkan uluran tangan. Berawal dari in­formasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat Kecamatan Cibadak, Yudi mengetahui bahwa ada seorang janda yang sehari-hari hidupnya di bawah ga­ris kemiskinan. Kondisi rumahnya pun tidak layak huni.

Baca Juga  Stres, Susanto Bunuh Ibu Kandungnya Pakai Cangkul

Setelah berkoordinasi dengan Kabid Pemberdayaan Sosial pada Dinsos Kabu­paten Sukabumi Gelora Siswaty, ia sepa­kat meninjau kondisi rumah janda yang dimaksud, apakah memerlukan bantuan dan jenis bantuan lainnya. Akhirnya pada Senin (17/04) pukul 15:30 WIB, Yudi be­rangkat menuju rumah Eka Jubaeda yang terletak di RT 04/07, Kampung Babakan, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak. Awalnya ia bertekad bahwa bantuan se­baiknya mengarah ke usaha ekonomis produktif. Sebab jika diarahkan ke ban­tuan perbaikan rumah tapi tidak berpen­ghasilan, yang bersangkutan tetap misk­in. Selain itu, kondisi rumahnya pun tetap berisiko. “Namun kenyataannya saat melihat langsung, kondisi rumah Juba­edah nyaris ambruk. Sebab, tiang penyang­ga terlihat sudah miring menjadi per­timbangan sangat prioritas,” paparnya.

Baca Juga  Pan Dukung Cdob Kabupaten Jampang

Mengingat dana yang dibutuhkan ti­dak sedikit, harus ada upaya gotong-royong masyarakat untuk membantu sesama. Ini ciri masyarakat bangsa In­donesia yang harus dipertahankan. Alhamdulillah setelah ketua RT 04 dan kader pengajian ikut hadir, diperoleh keterangan bahwa masing-masing telah berupaya membantu dan terkumpul sejumlah uang. “Dari yang dihimpun RT, terkumpul sekitar Rp1,6 juta. Be­serta ibu pengajian sebesar Rp2 juta. Artinya tingkat swadaya masyarakat sudah ditunjukkan,” paparnya.

Atas dasar tersebut, Yudi menyerahkan bantuan bahan bangunan utama yang disarankan Ketua RT yaitu batu batako sebanyak 1.500 buah dan 15 sak semen senilai Rp2.190.000. Juga diserahkan uang sebesar Rp400 ribu rupiah untuk diguna­kan Jubaedah berdagang keciil-kecilan jualan kopi dan mi rebus. “Atas nama Pemkab Sukabumi saya mengucapkan banyak terima kasih atas pemberitaan media massa terkait penyaluran bantuan kepada masyarakat miskin terutama me­reka yang sangat membutuhkan. Se­hingga para donatur/dermawan yakin atas penyalurannya tersebut,” papar Yudi.

Baca Juga  Dinkes Rayakan HKN ke 53 di Pantai Palangpang

Sementara itu Ketua RT Saepudin dan kader pengajian, Ati, bertekad dengan adanya batako dan semen maka dalam waktu dekat akan segera mulai membangun rumah kecil untuk Jubaedah. Ditargetkan selesai sebelum Ramadan.

 (hp/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.