Siswa Bogor Digilir Ikuti Unbk

by -

METROPOLITAN – Hari ini, sebanyak 221 SMA se-Bogor Raya mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) . Se­lama tiga hari ke depan, sebanyak 23.982 akan mengerjakan soal ujian. Namun, karena fasilitas komputer yang terbatas, pelaksanaan ujiannya terpaksa digilir.

Informasi yang dihimpun, ujian SMA ini akan dibagi dua sesi, ada pula yang dibagi tiga sesi. Pada sesi pertama ujian dimulai pu­kul 7:30- 9:30 WIB. Sesi

 kedua dimulai pukul 10:30- 12:30 WIB dan sesi terakhir dimulai 14:00- 16:00 WIB.

Seperti yang dialami siswa XII di SMA Negeri 1 Cibi­nong, sebut saja Raga (17). Ia menuturkan pelaksa­naan ini dilakukan tiga sesi, karena komputer di sekolah terbatas. Bahkan, siswanya ada yang diminta membawa perangkat laptop sendiri untuk pelaksanaan ujian.

Baca Juga  Daging Murah Diserbu

“Ada sekitar 90-an yang pakai laptop sendiri,” kata Raga.

Penggunaan laptop siswa ini tanpa diberikan kompen­sasi dari sekolah. “Nggak ada, cuma yang punya laptop suruh bawa. Nggak ada pak­saan juga,” ujarnya.

Berbeda halnya di SMA Negeri 1 Bogor. Pihak seko­lah telah menjamin seluruh kebutuhan perangkat kom­puter siswa. Namun, ia tak menampik jika pelaksanaan UNBK ini siswa mau tak mau harus digilir waktu ujiannya.

“Komputer dari sekolah, tapi memang ada dua sesi. Pertama dari pukul 08:00-10:00 WIB kemudian pukul 10:30-12:30 WIB,” urai Ke­pala SMA Negeri 1 Bogor Sri Erningsih.

Meski pelaksanaan ujian digilir, namun Sri memas­tikan jika 328 siswa yang ikut UNBK tidak akan bisa berbagi soal. Ia menjamin tingkat kebocoran UNBK nol persen, karena setiap komputer memiliki pass­word yang disesuaikan den­gan nomor peserta masing-masing.

Baca Juga  Tiga Tahun Dorong Petani Melek Teknologi

“Soal itu kan diacak, tiap komputer itu ada password­nya sesuai nomor peserta. Jadi nggak bisa siswa ngasih tahu soal ke siswa lain,” ujarnya.

Sementara itu, untuk jarin­gan listrik ia pun memastikan telah berkoodinasi dengan PLN. Bahkan, sehari sebelum­nya seluruh komputer telah diujicoba untuk standby satu hari.

“Insya Allah besok tinggal pelaksanaannya saja dan semoga berjalan baik dan anak-anak dapat nilai ter­baik,” harapnya.

ads/b/feb/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.