SMKN 3 Bogor Perintis UNBK Pertama Di Kota Bogor

by -

METROPOLITAN – Pada 2014, SMKN 3 Kota Bogor mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Ke­budayaan. Kepala Sekolah SMKN 3 Kota Bogor Uus Kusmara mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberi­kan karena SMKN 3 merupakan se­kolah perintis Ujian Berbasis Kompu­ter (UNBK) di Kota Bogor. ”Sejak tahun ajaran 2014-2015 kita sudah uji coba UNBK di Kota Bogor,” ujarnya, Senin (3/4).

Uus menambahkan bahwa saat itu pihaknya hanya memiliki dua ruangan yang dilengkapi komputer untuk UNBK. ”Iya sampai waktu itu wakil walikota Bogor melakukan penin­jauan ke sini karena ingin melihat langsung bagaimana sistem UNBK,” ucapnya.

Uus pun mengatakan bahwa dengan UNBK kesempatan siswa untuk men­cotek sangat kecil. Hal tersebut dika­renakan siswa mendapat soal acak. ”Soal yang diberikan kepada siswa itu urutannya berbeda, beda jadi antara bangku sebelah depan dan belakang itu soalnya tidak akan sama,” ucapnya.

Selain itu, Uus menambahkan, dari segi waktu pun cukup efektif. Karena soal tidak harus dicetak dan didistri­busikan dengan transportasi dan se­telah selesai tidak harus dikumpulkan satu per satu.

Baca Juga  Sekolah Alam Terapkan 3 Pilar Pembelajaran

Uus mengatakan, ada enam ruangan yang dipakai siswa di SMKN 3 untuk mengikuti UNBK. Setiap ruangan di­lengkapi 30 perangkat komputer. ”Ini merupakan tahun ketiga SMKN 3 mengadakan UNBK dan kita terus me­nambah jumlah perangkat dan ruagan, jadi yang tadinya ada tiga sesi UNBK sekarang hanya dua sesi, hanya sampai siang,” tutur Uus.

 (tib/mam/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *