Vila Liar Yang Dibongkar Dekat Kampung Prabowo

by -

METROPOLITAN – Vila di ujung gunung akhirnya terkuak setelah pihak Perhutani melayangkan surat pembongkaran bangunan bodong. Siapa sangka, dekat kampung Prabo­wo Subianto di Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, juga banyak berdiri bangunan liar di atas lahan Perhutani.

Sedikitnya ada tiga blok yang akan didatangi saat pembongkaran nanti. Di antaranya Blok Kamerang, Vila Yulius dan Kampung Langit. Keberadaan vila itu dekat dengan rumah milik Prabowo Subianto di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang.

Menurut Asisten Perhutani (Asper) KPH Bogor Iyus Rusli­ana, tiga blok itu berisi 28 unit bangunan semi permanen yang tidak berizin. Keban­yakan didominasi rumah kayu untuk tempat tinggal.

Sebagian, bangunan ini diisi warga yang sehari-hari meng­garap lahan Perhutani. Namun sebagian lainnya adalah mi­lik pendatang yang sengaja membangun hunian di lahan milik negara.

Baca Juga  Polisi Bangun Pos Lantas di Pertigaan Bambu Kuning, Bakal Ada Sim Keliling Juga

“Istilahnya kalau pendatang itu penggarap berdasi. Jadi mereka sengaja datang ke sini untuk bangun tempat tinggal. Nanti masuknya lewat Bojong­koneng,” katanya.

Disinggung soal adanya bangunan milik pejabat, lagi-lagi Iyus memilih tak berkomentar banyak. “Wah saya belum bisa komentar kalau itu,” ujar Iyus.

Salah seorang penggarap Masda (73) mengaku su­dah tujuh tahun menempati bangunan itu. Sehari-hari ia memanfaatkan lahan Per­hutani untuk pisang, kopi, singkong, alpukat, rambutan hingga limus. “Saya memang asli warga Madang. Biasanya hasil tani dijual ke pengepul atau saya jual sendiri ke pasar,” katanya.

Camat Babakanmadang Yudi Santosa mengajak masyarakat yang terkena pembongkaran agar dapat bekerja sama menyukseskan kegiatan ini. Sehingga, jan­gan sampai pada saat pelak­sanaan penertiban masih ada masalah yang dirasakan masyarakat. “Mari bersama-sama kerja sama karena kita akan melakukan penertiban sesuai aturan. Jangan sampai ada bentrok nantinya,” kata Yudi dalam sambutannya.

Baca Juga  Siapkan Pembinaan dan Permodalan bagi Pembudidaya Ikan Hias

(rez/c/feb/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.