Ajak Pengusaha Hotel dan Restoran Setorkan Zakat

by -

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor terus melakukan evaluasi atas penerimaan zakat dari masyarakat Kota Bogor. Target yang didapatkannya pada tahun ini dianggap belum semaksimal tahun sebelumnya. Sehingga Baznas mencari muzakki atau pemberi zakat untuk menunaikan zakatnya.

Komisioner Bidang Pendist­ribusian dan Pemberdayaan Zakat Baznas Kota Bogor Rusli Saimun mengatakan, saat ini penerimaan zakat di Kota Bogor yang melalui Baznas belum maksimal. Untuk me­maksimalkan potensi, pihaknya pun melakukan beragam ino­vasi. “Untuk saat ini peneri­maan masih di angka ratusan juta dan belum mencapai tar­get. Masih sekitar Rp4 miliar sampai Rp5 miliar,” ujarnya kepada Metropolitan.

Jika potensi zakat dapat di­maksimalkan, kata Rusli, nilai­nya akan semakin besar. Bah­kan ia juga telah melakukan pembicaraan dengan bebera­pa muzakki yang ada di Kota Bogor untuk menunaikan za­katnya 2,5 persen penghasilan­nya. “Kita sudah berbicara dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bogor untuk pembayaran zakat, karena di Kota Bogor ini banyak sekali restoran,” terang­nya.

Baca Juga  Lapak Oleh-oleh Puncak Sepi Pembeli

Menurut Rusli, banyak PNS di lingkungan Pemkot Bogor yang sering menunaikan za­katnya kepada Baznas. Bahkan PNS dari Dinas Pendidikan menduduki peringkat pertama menyalur zakat ke Baznas di­bandingkan dengan PNS-PNS lainnya. “Mungkin ini karena kuantitas pegawainya yang banyak, sehingga banyak se­kali PNS dari Disdik yang me­nyalurkan zakatnya lewat kami,” paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya meminta Baznas terus berinovasi agar targetnya terca­pai maksimal, terlebih menurut­nya, banyaknya pembisnis yang datang ke Kota Bogor akan meningkatkan pendapatan za­kat sendiri. “Memang masih jauh dari targetnya, maka dari itu saya minta agar semuanya bisa so­sialisasi melalui media sosial, cetak atau secara on air ataupun off air. Sehingga masyarakat mengetahui kewajibannya mem­bayar zakat,” katanya.

Baca Juga  Kades Sukses Boyong Penghargaan Bergengsi

(mam/b/els/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.