Catat! Besok Ada Bzar Murah di Lapangan Tegar Beriman

by -

CIBINONG – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor menyiapkan bazar murah. Mulai Selasa (23/5) besok, segala macam produk olahan ikan dna daging bakal diobral murah di Lapangan Tegr Beriman, Cibinong.

Seperti daging kerbau yang dibaderol seharga Rp70 ribu per kilonya dan daging sapi diobral jadi Rp95.000. Kepala Seksi (Kasi) Bina Mutu dan Pemasaran Hasil Perikanan, Diskanak Kabupaten Bogor Lili Nus Chalimah mengatakan, giat ini akan berlangsung selama tiga hari, hingga Kamis (25/5) mendatang.

Selain untuk menyambut puasa, bazar murah ini juga bagian dari rangkaian menyambut Hari Jadi Bogor ke- 535 tahun. Pihaknya pun bekerjasama dengan lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Di antaranya, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas UKM dan koperasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah.

Baca Juga  Kota Bogor Menuju Kota Layak Anak

Banyak olahan ikan, aneka olahan ternak, daging sapi, daging ayam, telur, serta ikan laut, dan olahan lainnya. Kami juga gelar lomba masak ikan dengan peserta dari kalangan guru – guru Himpaudi se-Kabupaten Bogor,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.

Dia mengatakan, terdapat pula acara demo olahan ikan, dan pelayanan kesehatan untuk pecinta binatang, dan pelayanan ini dibuka secara gratis selama dua hari tersebut, dan acara ini merupakan salah satu gerakan guna membiasakan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Lomba masak ini memanfaatkan sumber daya lokal, yaitu berbahan dasar ikan air tawar. Sehingga konsumsi ikan meningkat, dan anak-anak berusia produktif dapat teredukasi untuk tumbuh sehat dan cerdas, tentunya dari hasil olahan masakan orang tua yang menyajikan makanan kepada anak – anak mereka, ” paparnya.

Baca Juga  Tingkatkan Semangat dengan Tampil di Nasional

Lebih jauh dia menjelaskan, konsumsi ikan di Kabupaten Bogor pada 2016 lalu baru mencapai 26,75 kg/kapita/tahun, dan konsumsi nasional rata-rata 39 kg/kapita/tahun. “Jelas angka tersebut jauh tertinggal dibanding negara Jepang yang sudah mencapai lebih dari 100 kg/kapita/tahun. Saya berharap, giat ini dapat meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Seperti, pada giat Rabu (17/05) lalu, sambungnya, Diskanak Kabupaten Bogor bekerja sama dengan Zona Madina Dompet Dhuafa untuk melatih pengolahan ikan kepada 30 peserta yang hadir pada acara tersebut, di Kemang, Bogor. “Binaan ini dikhususkan untuk menumbuh kembangkan kemandirian perekonomian masyarakat diwilayah tersebut,” pungkasnya.

(yos/b/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *