Dinas Perindustrian Bogor Galakkan Pelrindungan Konsumen

by -

CIBINONG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor, menggelar sosialisasi perlindungan konsumen pada jajanan sekolah di SDN Tapos Kecamatan Tenjolaya, Bogor belum lama ini. Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran kemampuan dan kemandirian konsumen dan pelaku usaha dalam bermasyarakat, dan berusaha.

Petugas Pelakasana Bidang Tertib Niaga Seksi Perlindungan Konsumen Jhon menuturkan, giat ini ditujukan untuk melindungi konsumen. Ini seklaigus untuk menghindarkan dari akses negatif pemakaian barang dan jasa. Artinya, kata dia untuk meningkatkan pemberdayaan konsumen dalam memilih menentukan dan menuntut hak-haknya sebagai konsumen, juga menumbuhkan kesadaran para pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen, sehingga tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha.

Baca Juga  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Dan Hari Air Dunia XXV Tahun 2017

Selain sikap jujur dari para pedagang, kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan wawasan dan pengetahuan konsumen dalam tertib niaga terhadap perlindungan bagi pelaku ushaa dan konsumen,” paparnya kepada Metropolitan.

Adapun dasar hukum kegiatan, sambung Jhon ini telah diatur dalam UU No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, Peraturan Pemerintah (Permen) No 58 Tahun 2001 tentang pembinaan dan pengawasan perlindungan konsumen, UU No 23 Tahun 2014 tentang Perda, Perda Kabupaten Bogor No 13 Tahun 2015 tentang APBD Kabupaten Bogor tahun 2016 tanggal 31 Desember 2015.

Saya berharap dengan ter-realisasinya kegiatan ini konsumen dapat cerdas dan mandiri, khususnya dalam melakukan pembelian makanan

yang akan diberikan kepada para anak mereka,” pungkasnya.

Baca Juga  Serap APBD 2019, Bangun TPT dan Cor Jalan Setapak

(yos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *