Karang Taruna Jadi Agen Tingkatkan Partisipasi Pemilih

by -

METROPOLITAN – Seratus pe­serta perwakilan Karang Taruna, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan tokoh masyarakat mengikuti Dialog Politik yang digelar Direkto­rat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pe­merintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Hotel Mirah Bogor, Kamis (4/5). Kegiatan tersebut un­tuk memba­has persiapan jelang Pemi­lihan Umum (Pemilu) Se­rentak 2019.

Kepala Ba­gian Perun­dang-Undan­gan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Ke­mendagri Bahtiar mengatakan, ke­giatan tersebut untuk mendorong partisipasi masyarakat sekaligus menyosialisasikan agenda politik 2019.

Bahtiar menjelaskan, pada Pilpres 2019 untuk pertama kalinya pemilih hanya datang satu kali ke Tempat Pemilihan Suara (TPS) karena ber­barengan dengan Pemilihan Legis­latif (Pileg). Sementara dipilihnya Kota Bogor itu karena Kota Bogor juga akan mengikuti Pemilihan Ke­pala Daerah (Pilkada) serentak se­cara nasional yang diikuti 117 daerah.

“Dari awal kami sudah harus mendo­rong prakondisi agar masyarakat berpartisipasi dalam seluruh tahapan penyelenggaraan,” terangnya. Taha­pan ini, lanjut Bahtiar, mulai dari persiapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilanjutkan pemutakhiran da­ta oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Agustus ini.

Baca Juga  Inspektorat Kota Bogor Rebut Penghargaan dari BPKP

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, khususnya Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang telah membantu kegiatan ini. “Kota Bogor sungguh luar biasa. Selain menjadi sentra pergerakan, juga ba­nyak tokoh nasional yang tinggal di sini,” terangnya.

Hadir sebagai narasumber dalam dialog politik kali ini Ketua KPU Kota Bogor Undang Suryatna dan Aang Witarsa Rofiq dari Direktorat Politik Dalam Negeri yang menyam­paikan materi Langkah Strategis Menuju Pemilu 2019.

(*/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *