Ke Mana Pupr Sampai Warga Perbaiki Jembatan Sendiri?

by -

GUNUNGSINDUR – Pemerintah Desa (Pemdes) Rawakalong bersama warga gotong-royong memperbaiki jembatan Kampung Pondokpetir, RT 01/13, Desa Rawakalong, Kecamatan Gunungsindur. Sejak jembatan itu rusak beberapa wak­tu lalu, warga memperbaikinya secara swadaya. Sedangkan perbaikan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tak juga terealisasi.

Kades Rawakalong H Mawar Rias As­mara menuturkan, jembatan ini merupa­kan alat transportasi warga Pondokpetir, Desa Rawakalong yang menghubungkan Kota Depok. Akibat tergerusnya arus Sungai Kali Angke yang meluap beber­apa bulan lalu, salah satu penyangga jembatan itu terkikis. Sedangkan tembok penahan tanah juga tergerus.

“Sejak kejadian itu, warga gotong-roy­ong memperbaiki jembatan secara swa­daya. Sebab, jembatan ini penting untuk akses transportasi di kampung ini,” ujar pria yang akrab disapa Mawar itu ke­pada Metropolitan, kemarin.

Baca Juga  PALSUKAN STNK, PELAKU JUAL MOTOR RP2 JUTA

Kades menambahkan, jembatan sepan­jang 10 meter dan lebar 6 meter itu merupakan akses utama masyarakat da­lam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Sementara dana perbaikan jembatan tersebut diperoleh dari swadaya masy­arakat dan bantuan pemdes yang total­nya Rp25 juta.

“Dana itu belum cukup, kami membu­tuhkan dana Rp50 juta lagi untuk mem­perbaiki penyangganya,” ujarnya. Menurut dia, perbaikan jembatan tersebut meng­gunakan swadaya masyakat dan tenaga dari warga setempat. “Alhamdulillah berkat gotong-royong jembatan sudah bisa dilewati kendaraan roda dua dan pejalan kaki,” pungkasnya.

(sir/b/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.