30 Menit Sebelum Beduk Jadi Ajang Curhat Keluarga

by -

Sore hari di bulan Ramadan jadi waktu yang ditunggu-tunggu bagi keluarga besar Umar Toha. Bersama istrinya yang menjabat sebagai Direktur PT Madinah Iman Wisata Cabang Bogor, Dina Ali, dirinya tak pernah melewatkan waktu berbuka dengan keluarga. Bahkan, 30 menit sebelum beduk azan jadi waktu sakral bagi keluarga.

DI ruang keluarga, Yubi Bastilas, Sakinah dan Selly Salimah, putra-putri Umar Toha sudah duduk manis menanti azan Magrib. Saat itulah ketiganya banyak mencurahkan isi hati kepada orang tuanya.

Sebagai ibu, Dina mengaku senang melihat anak-anaknya beranjak dewasa. Jika biasanya banyak remaja yang lebih memilih kumpul dengan teman, tapi Dina selalu membiasakan agar anak-anaknya dekat dengan keluarga.

Baca Juga  Bogor Belum Bisa Suntik Vaksin Dosis Ketiga, Ini Kendalanya

“Alhamdulillah anak-anak senang kumpul di rumah. Tapi memang masing-masing perlu pendekatan yang beda. Kalau Yubi kan masih SMP, sedangkan Sakinah dan Selly sudah SMA. Jadi berbeda cara pendekatannya apalagi Yubi kan laki-laki,” ujarnya.

Dina juga mengatakan, menjelang berbuka merupakan momentum untuk memberikan nasehat-nasehat kepada anak-anaknya untuk meningkatkan iman dan takwa.

Ia selalu berpesan kepada anaknya untuk tidak mening­galkan salat lima waktu dan menyuruh anak laki-lakinya untuk selalu salat jamaah di masjid. Ia menuturkan, sesibuk apapun dirinya dalam pekerjaan, urusan keluarga adalah nomor satu. Apalagi di bulan Ramadan ini keluarga wajib kumpul setengah jam sebelum berbuka bersama. “Semuanya wajib kumpul setengah jam sebelum azan, biar keluarga selalu dekat,” katanya.

Baca Juga  Proyek SPAM Bermasalah, Bima Panggil Kepala Disperumkim

Untuk menu berbuka, Dina selalu menyediakan nasi ter­lebih dahulu untuk keluar­ganya, baru boleh makan-makanan ringan lainnya. Hal tersebut menjadi kebiasaan keluarganya. Karena menurut Dina, jika didahului dengan makanan ringan, anak-anaknya akan susah makan nasi dengan alasan sudah kenyang.

Selain itu, Dina juga me­wajibkan anak-anaknya bertadarus setiap hari. Khu­sus bulan Ramadan ia me­wajibkan anaknya membaca Alquran minimal 1 Juz per hari. “Dari kecil anak-anak harus dibiasakan melakukan hal baik seperti ini. Supaya tiap bulan Ramadan bisa hatam dan dapat pahala yang amat berlimpah,” ujar Dina.

(cr2/b/feb/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *