7 Tradisi Unik Di Palestina Saat Bulan Ramadhan

by -

METROPOLITAN – Bulan suci Ramadhan disambut baik oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia termasuk Palestina. Meski kini negara tersebut sedang dilanda perang namun umat Muslim di Palestina memiliki sejumlah tradisi unik bulan Ramadhan yang tidak diketahui oleh banyak orang.

1. Jam kerja lebih pendek
Di bulan Ramadhan seluruh umat Muslim di Palestina mendapat jatah waktu jam kerja lebih pendek dari hari biasa. Jam kerja dipotong selama 1-2 jam.

2. Jam-jam sibuk di malam hari
Sama seperti di Indonesia, toko makanan dan restauran di Palestina ditutup pada siang hari. Menjelang buka puasa, toko-toko kembali dibuka bahkan toko-toko tersebut tetap buka hingga tengah malam.

Baca Juga  Di Tempat Lama Diusir, di Tempat Baru Ditolak

3. Hari Jum’at adalah hari terpadat
Semenjak Palestina dikuasai oleh Israel, Muslim Palestina kesulitan mendapat akses untuk beribadah di Mesjid Al’Aqsa. Namun semenjak mendapatkan izin untuk solat di Mesjid Al-Aqsa pos pemeriksaan penuh sesak dipenuhi oleh umat Muslim yang ingin menjalankan solat jumat.

4. Jalanan dihiasi lampu
Seperti kebanyakan negara lain, Palestina juga memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan Ramadhan. Salah satunya rumah-rumah dihiasai dengan lampu atau lentera warna warni yang dipajang di sepanjang jalan.

5. Banyak hidangan ketika berbuka puasa
Saat buka puasa tiba, Muslim di Palestina banyak menghidangkan beraneka ragam makanan. Orang palestina terbiasa menyantap kurma untuk berbuka puasa, kemudian mereka menyantap semangkup sup dan hidangan utama yang terdisi dari nasi dan daging yang dibumbui rempah-rempah.

Baca Juga  Wah, Ternyata Potensi Teror Di Eropa Sangat Tinggi

6. Ada makanan penutup
Orang palestina memiliki sebuah tradisi unik ketika Ramadhan yaitu menyantap makanan penutup yakni kudapan khas timur tengah bernama Katayef. Katayef adalah sebuah makanan seperti pastry yang diisi dengan kenari, kayu manis dan keju putih yang disajikan dengan sirup gula diatasnya. Katayef adalah kudapan khas di bulan Ramadhan.

7. Banyak acara tv bertemakan Ramadhan
Sama seperti di Indonesia, saluran TV di Palestina banyak mengusung tema Ramadhan. Acara-cara yang berkaitan dengan Ramadhan dan kajian Islam banyak disiarkan diberbagai stasiun TV di Palestina.

Sumber : pojoksatu.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.