Bangunkan Sahur Jadi Kegiatan Rutin Setiap Ramadhan

by -

METROPOLITAN – Setiap menjelang waktu sahur para pemuda RW 02, Desa Sukawening, Kecamatan Dramaga aktif berkeliling kampung untuk membangunkan warga untuk bangun sahur puasa. Pemuda ini dengan membawa beberapa alat musik antara lain, Gitar, kentongan, dan beduk dan yang lainnya sambil berteriak “sahur sahur”.

Selain untuk membangunkan sahur mereka juga ikut andil dalam menjaga keamanan lingkungan kampung mereka. Kegiatan kelompok pemuda ini biasanya mengambil stra dari Masjid dan berkeliling mulai dari pukul 02:00 sampai pukul 03:30 WIB.

Kepala Desa Sukawening Zarkasih mengaku, kegiatan ini yang dilakukan dengan berkeliling kampong dengan membunyikan alat music tradisional merupakan tradisi turun menurun.

“Berkeliling kampong membangun warga untuk sahur puasa merupakan tradisi kami di setiap bulan ramadan tiba, untuk membangunkan warga masyarakat agar tidak terlambat sahurnya,” ujarnya

Dalam kegiatan membangunkan warga untuk sahur, kelompok pemuda ini tidak surut, karena karena kondisi cuaca dingin. Kelompok pemuda ini tetap berkeliling kampung untuk membangunkan masyarakat agar tidak terlambat bangun sahur, dan supaya masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

“Dengan adanya kegiatan ini setiap pagi menjelang sahur agar masyarakat dapat bangun sahur dengan tepat waktu dan juga meminimalisir tindak kejahatan di desa kami,” tandasnya.

(ads/b/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *