Merawat Rantai Motor Agar Tetap Bersih Dan Awet

by -

METROPOLITAN – Mu­sim hujan sudah di depan mata. Mungkin di sejum­lah wilayah intensitas turunnya hujan sering terjadi. Musuh utama bagi para bikers yakni genangan air (banjir) yang menyebabkan motor, terutama rantai motor mudah kotor.

Permasalahan yang pa­ling serius yakni rantai roda (drive chain) jadi kotor akibat kondisi jalan becek dan itu membuat rantai motor mudah ken­dur dan gampang putus atau copot serta rantai sering berisik. Berikut tips merawat motor Anda agar tetap awet:

  1. Atur rantai sepeda motor Anda. Usahakan setelannya tidak sekadar kencang, tapi juga Anda harus mengecek pin sam­bungan serta membersi­hkannya dari kotoran dan debu.
  2. Hal yang harus dip­erhatikan yakni mengecek pin rantai motor apakah pemasangannya sudah benar, karena pin meru­pakan sambungan seka­ligus pengunci sambung­an rantai.
  3. Bersihkan rantai mo­tor Anda dari kotoran atau debu yang menempel. Bila tidak dibersihkan ran­tai akan cepat rusak dan mudah kering, berkarat dan cepat haus karena getas.
  4. Saat melumasi rantai jangan sembarangan, ka­rena biasanya orang mem­berikan pelumas rantai sembarang tidak meng­gunakan cairan yang telah dianjurkan.
Baca Juga  Tips Cara Rantai Motor Tak Lepas Dari gir

(dtc/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.