RPP KPU Kota Bogor Terbaik Se-Jabar

by -

METROPOLITAN – Rumah Pintar Pemilu (RPP) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor menjadi yang terbaik dari seluruh RPP KPU se-Jawa Barat (Jabar). Hal ini ter­bukti lewat diraihnya penghargaan Juara I kategori Inovasi dan Kreasi RPP dalam penilaian KPU Jawa Ba­rat Award.

Penghargaan diserahkan langsung Ketua KPU RI Arif Budiman saat Rapat Pimpinan (Rapim) KPU Pro­vinsi Jabar dengan KPU kabupaten/kota se-Jawa Barat dalam persiapan penyelenggaraan Pemilihan Gu­bernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 di Hotel Clove Garden Bandung, Selasa (13/6). Selain itu, KPU Kota Bogor meraih penghargaan Sangat Patuh sebagai Pengelola Pelayanan Informasi Publik dan Dokumentasi (PIPD) 2016. “Alhamdulillah KPU Kota Bogor kembali meraih dua pen­ghargaan utama, tahun lalu juga kami mendapat tiga penghargaan sekaligus,” kata Ketua KPU Kota Bogor Undang Su­ryatna, kemarin.

Baca Juga  Sts Mulai Dilirik Parpol

Awalnya, dirinya tidak tahu jika ada penilaian dari KPU Ja­bar terkait penghargaan itu. Yang pasti, Undang melanjutkan, dengan pen­ghargaan tersebut akan semakin me­motivasi seluruh jaja­ran KPU Kota Bogor untuk terus memberikan yang terbaik. “Penerapan PPIB ini memang wajib di masing-masing daerah dan ka­tegori Sangat Patuh merupakan yang tertinggi. Semoga kinerja dan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik,” harapnya.

Sementara saat membangun RPP yang diberi nama Lawang Pinter Pemilu (LPP) KPU Kota Bogor, Undang mengaku tak pernah terpikir akan mendapat penghar­gaan. Sebab saat ini sarana dan prasarana yang dimiliki KPU Kota Bogor relatif minim. Meski demikian, keterbatasan itu justru memicu kreativitas untuk mencari alterna­tif. “Saat itu ruangan saja sulit bahkan kami tidak punya tempat dan anggaran minim. Akhirnya terpikirkan untuk meng­gabung rumah digital agar ruangan di KPU dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin,” kata Undang.

Baca Juga  KPU: Mangkir LHKPN, Anggota DPRD Tak Dilantik

Di LPP KPU Kota Bogor, tersaji seluruh data terkait kepemiluan. Jika RRP di daerah lain dipenuhi banyak barang yang dipajang, RPP Kota Bogor cukup menggunakan teknologi digital berupa layar sentuh untuk memunculkan berbagai informasi. “Saya yakin setiap orang yang masuk tidak akan kekurangan informasi ba­hkan akan mendapat informasi lebih. Dibanding menggunakan display yang dipajang di dinding ini lebih efektif,” tandasnya.

(fin/b/ram/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *