Susu Sapi Jadi Menu Favorit Sahur Keluarga Erwin

by -

GELAS berisi susu sudah tersaji di meja makan milik keluarga Erwin Suryana, Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Kabupaten Bogor. Setiap sahur, minuman itu jadi pilihan seluruh anggota keluarga. Bersama sang istri, Wina Saraswati, menu favorit itu selalu menemani puasa keluarga Erwin di rumahnya di Selakopi, Sindangbarang.

SUSU sapi jadi minuman yang tak pernah ket­inggalan di keluarga kecil Erwin. Menu penutup di saat sahur ini diyakini bisa menjaga tubuh ketiga anaknya tetap fit dalam menjalankan puasa. “Itu (susu) tidak boleh ketinggalan. Ha­rus ada dan selalu dihabiskan keluarga untuk menyambut puasa,” kata Wina.

Menurut perempuan yang sudah diper­sunting selama 25 tahun oleh Erwin, alasan memberikan minuman susu untuk keluarg­anya karena susu memberikan banyak tenaga terhadap tubuh manusia. Sehingga, menu berkualitas seperti itu akan disiapkan keluarga menjelang sahur.“Kita biasain saat sahur makan dan minum yang berkualitas. Kalau saat buka puasa mah apa saja. Tujuannya biar mereka kuat menahan lapar dan haus, biar banyak tenaga dikasih asupan yang banyak gizi,” ujar perem. “Kita biasain puan yang juga berprofesi sebagai guru SD.­

Baca Juga  PMP Buat Pasar Pakuan Jaya Masih Terkendala Hitung Nilai Aset

Sementara itu, Erwin me­nuturkan, sejak kecil ketiga anaknya, Derisa Miranti, Dwin­da Rahmasari dan Dafa Diysah Fauzian sudah dibiasakan menjalankan ibadah puasa. Sehingga, puasa tidak boleh dijadikan penghalang untuk melakukan aktivitas. “Alham­dulillah anak-anak sudah me­miliki fondasi agama dan mer­eka sudah menjalankan puasa sejak kecil. Kalau saya lebih sering mengingatkan puasa ini harus lebih semangat, jangan dijadikan alasan untuk malas-malasan,” kata Erwin.

Menurut Ketua Dewan Kese­nian Kabupaten Bogor, mem­berikan reward sudah jadi tradisi di keluarga kecilnya ke­tika anak-anaknya menjalani puasa secara penuh. Namun, hadiah itu bukan berbentuk uang, melainkan jalan-jalan ke suatu tempat yang diinginkan ketiga anaknya. “Sesuai ke­sukaan mereka, travelling ke tempat menyenangkan. Kita juga tidak akan melarang karena mereka jadi mengerti adat istiadat di daerah yang kita datangi,” ujar lelaki yang juga menjabat Humas Koni Kabupaten Bogor.

Baca Juga  Bupati Nurhayanti Menghadiri Pemusnahan Miras Dan Narkoba Di Cibinong

(rez/b/feb/dit)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.