Tak Masuk Cagar Budaya, Belum Pernah Dibantu Pemerintah

by -

Jejak para penyebar agama Islam masih nampak di Bumi Tegar Beriman. Meski kini sudah tiada, peninggalan mereka masih ada. Baik secara ilmu maupun bangunan. Salah satunya peninggalan Eyang Sinuhu Boled yang merupakan tokoh penyebar agama Islam di Kabupaten Bogor pada zaman Belanda.

EYANG Sinuhu Boled meninggalkan sebuah masjid yang kini dikenal dengan nama Masjid Jami Al Mutaqin yang dibangun pada 1814. “ini masjid paling tua di Kabupaten Bogor. Didirikan oleh Eyang Sinuhu Boled pada zaman belanda,” ujar Ketua DKM Masjid Al Mutaqin, Ustadz Djunaedi.

Dia juga mengatakan, meski sudah berusia ribuan tahun, masjid ini nampak masih kokoh dengan luas 1.050 meter dan sudah mengalami tiga kali pemugaran. “Ini sudah tiga kali direnovasi. Alhamdulillah masih kokoh,” imbuhnya. Meski merupakan peninggalan dan cagar budaya, masjid yang mampu menampung 300 jamaah ini luput dari perhatian pemerintah.

Selama delapan generasi kepengurusan masjid Al Mutaqin belum pernah terjamah dana pemerintah. ”Belum ada dari pemerintah. Sejauh ini dari hasil sodaqoh warga saja,” tukasnya.

(ash/b/suf/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *