Tips Cerdas Merawat Motor Matik

by -

Motor meruapakan alat tarnsportasi yang setiap hari digunakan oleh sebagian orang, namun terkadang banyak orang yang merawat motornya tersebut, dan inilah beberapa tips merawat motor matic.

1. Memanaskan Motor Setiap Hari

Memanaskan motor meruapakan cara yang biasa kita lakukan pada pagi hari sebelum menggunakan motor, hal ini dilakukan supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin bisa lebih maksimal, panaskan motor kurang lebih 5 menit sampai 10 menit sebaiknya menggunakan kick stater saja jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi bateray dari motor tersebut. jika sudah merasa cukup jangan lupa tarik ulur gas supaya oli cukup panas dari mesin motor.

2. Stabilkan Kecepatan Gas

Tips kali ini biasanya sering dilakulan oleh pengguna motor matik yakni Saat kecepatan motor dalam kondisi cepat jangan secara tiba-tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya saat motor berada dalam kecepatan rendah langsung kita gas tanpa sadari hal ini akan merusak masa umur mesin.

3. Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Tips Dan Cara Merawat Motor Matic selanjutnya Kebanyakan dari kita pastinya mengisi bahan bakar pada saat bahan bakar mau habis, namun parahnya banyak pengguna motor matic yang sampai kehabisan bahan bakar, entah apapun alasannya hal seperti ini sangat tidak dianjurkan karena akan sangat tidak baik untuk mesin, usahakan selalu motor matic sobat jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer, dan usahakan motor berisi bahan bakar yang full untuk mengantisipasi hal tersebut. dengan motor sering mogok karena kekurangan bahan bakar tentunya akan sangat tidak baik.

4. Rutin Ganti Oli

Perawatan yang satu ini sangatlah penting dan merupakan perawatan wajib Untuk jadwal pergantian oli biasanya motor itu dilakukan setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM. jika sobat sulit menghitung dengan speedometer maka sobat bisa melakukan perawatan rutin ini setiap 2 – 3 bulan sekali, jangan lupa juga gunakan oli yang lebih condong ke spesifikasi motor matic, dengan mengganti oli berkala pastinya akan menjaga performa mesin.

5. Perawatan AKI

Memang sangat sulit untuk mengetahui kondisi aki yang berada pada motor matic, pastinya pengguna motor matic pernah mengalami motornya mengalami Mati AKI, dengan matinya aki motor pastinya sobat akan kehilangan power dari motor selain itu juga cahaya lampu akan berkurang, yang jelas pastinya saat sobat mau menghidupakan motor harus menggunakan kick starter pastinya akan sedikit repot jika matic yang sobat gunakan memiliki bobot yang besar, maka sedikit saran sobat bisa menggnati AKI dalam 7-8 bulan setelah penggantian terahir.

(net/mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *