Tips Sehat Selama Bekerja Di Bulan Puasa

by -

METROPOLITAN – Saat menjalankan puasa Ramadan, kita tetap wajib menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Meski tubuh terasa lesu, itu bukan hambatan untuk mengerjakan tugas sehari-hari.
Berpuasa juga bukan berarti menghilangkan kreativitas dan fokus kerja. Saat lesu menyerang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap segar:

1. Tarik napas dalam
Menarik napas dalam lalu mengembuskannya bisa membantu memberikan energi baru, sekaligus menenangkan diri. Saat rasa lapar melanda, tariklah napas dalam-dalam, karena bisa memompa alirah darah dan meningkatkan energi. Semakin dalam menarik napas, maka kian banyak oksigen yang mencapai sel tubuh.

2. Lakukan peregangan
Peregangan bisa mengaktifkan cadangan energi di dalam tubuh dan memompa darah. Salah satu gerakan peregangan yang bisa dilakukan adalah duduk sembari meletakkan tangan kanan di tepi lengan kiri dan lengan belakang. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri di sisi lain dan ulangi.

3. Tidur siang sebentar
Penelitian memperlihatkan tidur siang 10 sampai 20 menit dapat meningkatkan produktivitas, kewaspadaan, dan bahkan membantu lebih fokus.

Baca Juga  Dampak Buruk Anak Kekurangan Gizi

4. Tertawa
Tertawa dikenal sebagai pereda stres, mood booster, sekaligus bisa meningkatkan energi. Studi menunjukkan tertawa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, sehingga membuat lebih energik.

5. Ngobrol
Berbincang dengan rekan kerja bisa menaikkan energi. Beberapa penelitian menunjukkan orang-orang yang aktif secara sosial pada umumnya lebih produktif bekerja daripada mereka yang tidak.

(tem/mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *