Setelah Lebaran, Harga Timun Dan Kacang Naik 100 Persen

by -

METROPOLITAN – Seminggu sudah Hari Raya Idul Fitri 1438 H terlewati. Namun hingga kini harga sayur-mayur di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, masih juga mahal. Seperti timun dan kacang masih mengalami kenaikan di sejumlah pasar tradisional. “Yang masih naik itu timun, dari Rp7.000 jadi Rp15.000 per kilo. Kalau kacang, dari Rp10.000 jadi Rp20.000 per kilo,” kata pedagang sayur di Pasar Cibinong, Agus (24), ke­marin.

Tak hanya itu, beberapa komoditi sayur-mayur pun masih ada yang sama dengan harga sebelum lebaran. Di an­taranya cabai keriting merah di harga Rp25.000 per kilo, cabai rawit setan se­besar Rp30.000 per kilo, bawang putih Rp38.000 per kilo serta bawang putih jenis kating Rp60.000 per kilo. “Ka­lau dibilang normal sudah sejak Senin. Tapi yang nama­nya sayuran tidak menentu dan tidak bisa ditebak. Sebab, harga hari ini dan besok bisa berbeda, entah faktor cuaca atau gagal panen,” ujarnya. ­

Menanggapi hal itu, Kabid Perdagangan Disperindag Kabupaten Bogor Jona Sijabat mengaku belum mengetahui secara rinci harga pasokan sayur-mayur di pasar tradi­sional. Sehingga dalam wak­tu dekat pihaknya akan turun ke lapangan untuk mencari tahu harga komoditi sayur-mayur di pasaran. “Minggu-minggu ini kita akan turun ke lapangan,” katanya saat dite­mui di kantornya, kemarin.

Jona menjelaskan, kenaikan harga sayur-mayur lebaran tahun ini sebenarnya ber­beda dengan tahun sebelum­nya. Tahun lalu bisa menca­pai 20 hingga 30 persen dan tahun ini harga normal se­perti biasanya. Untuk kapan­nya harga pasar normal dari harga lebaran, pihaknya belum bisa memastikan. “Memang puncaknya kenaikan terjadi kemarin-kemarin karena mau Lebaran. Tapi tidak signifikan, karena dibarengi program bazar murah dari kapolri dan pemda sehingga warga tidak terlalu berpatokan belanja ke pasar,” jelasnya.

Namun jika ada oknum pe­dagang yang berani menaikkan harga tidak sesuai harga pasa­ran, tentu pihaknya akan me­nindak tegas. “Kita lihat dulu karena apa kenaikan itu, yang kita tahu kemarin stok tidak ada masalah. Kalau naik sen­diri tentu akan kita tindaklanj­uti,” tutupnya.

(rez/b/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *