Wow… Ada 144 Penyakit Yang Tak Bisa Dirujuk

by -

KEMANG – Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui penyakit apa saja yang bisa dan tidak bisa dirujuk menggunakan BPJS.

Menanggapi hal itu, Kepala UPT Kese­hatan Kecamatan Kemang Nina Mar­tini mengatakan, pasien sekali datang seharusnya jangan langsung meminta rujukan. Namun, dari puskesmas seha­rusnya memeriksa terlebih dulu dan itu sudah ada ketentuannya.

”Ada 144 penyakit yang tidak boleh dirujuk. Seandainya ada pasien yang mengidap penyakit tertentu harus di­layani puskesmas terlebih dulu. Pen­gobatannya tidak langsung paten. Satu kali diberi obat tidak sembuh, kita coba berikan yang lain lagi. Bisa dibilang tiga kali, karena pas ketiga kali datang pasien tidak sembuh dan obat dari kita tidak ada, nah baru kita rujuk. Bukan harus berobat dulu tiga kali,” ujarnya kepada Metropolitan, ke­marin.

Nina melanjutkan, Puskesmas Ke­mang pernah mendapatkan teguran karena paling mudah memberikan rujukan. Bahkan terkadang dia bing­ung mendapatkan masyarakat yang tidak mengerti tata cara mendapat rujukan.

”Intinya, masyarakat jangan panik dan tidak perlu gusar terkait rujukan BPJS. Sebab, sebelum memberikan rujukan akan kami periksa terlebih dulu. Pus­kesmas Kemang masuk sepuluh besar puskesmas yang paling mudah mem­berikan rujukan BPJS, padahal kami sering sosialisasi terkait masalah ini,” pungkasnya.

(dyn/b/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *